Polisi: Tak Ada Pengereman Mobil Vanessa Angel sebelum Menabrak Beton

Yang fatal adalah mobil menghantam ujung batas beton

Jakarta, IDN Times - Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Latif Usman mengatakan mobil yang ditumpangi Vanessa Angel dan Febri ‘Bibi’ Andriansyah terekam di beberapa area Tol Nganjuk arah Surabaya dengan kecepatan mencapai 130 kilometer per jam.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, tidak ditemukan usaha sopir Vanessa, Tubagus Joddy, untuk melakukan pengereman saat peristiwa itu. Hal tersebut terbukti dengan tidak ditemukannya bekas pengereman di aspal.

“Betul tidak ada bekas rem, bekas rem (seharusnya) keliatan. Itu salah satu bukti untuk menelusuri bagaimana suatu kecelakaan bisa terjadi. Beberapa CCTV juga sedang kita kumpulkan,” ujar Latif Latif dikutip IDN Times dari YouTube Deddy Corbuzier, Senin (8/11/2021).

1. Menghantam ujung batas beton hingga berakibat fatal

Polisi: Tak Ada Pengereman Mobil Vanessa Angel sebelum Menabrak BetonKondisi TKP kecelakaan mobil artis Vanessa Angel bersama suaminya Febri Andriansyah di Tol Jombang, Jawa Timur KM 672. (dok. IDN Times/Istimewa)

Dalam kondisi kecepatan lebih dari 100 km/jam itu, mobil Mitsubishi Pajero Sport yang dikendarai Joddy itu kemudian mengalami oleng ke kiri di kilometer 672+300.

“Dia sempat menyentuh pembatas jalan besi. Nah yang fatal, dia menghantam ujung batas beton. Terjadi benturan kerasnya di situ,” ujar Latif.

Baca Juga: Diinterogasi Polisi, Sopir Vanessa Ngaku Ngebut di Tol Sambil Main HP

2. Mobil Vanessa berputar 30 meter hingga masuk ke jalur cepat

Polisi: Tak Ada Pengereman Mobil Vanessa Angel sebelum Menabrak BetonMobil yang ditumpangi artis Vanessa Angel bersama suaminya Febri Andriansyah mengalami kecelakaan di Tol Jombang, Jawa Timur KM 672. (dok. IDN Times/Istimewa)

Setelah menghantam ujung beton, mobil tepelanting ke kanan dan terpental sejauh 30 meter hingga masuk ke jalur cepat. Latif menegaskan, mobil tidak terguling tapi berputar.

“Sehingga mobil ringsek di sebelah kiri dan bagian atas mobil tertarik ke bawah karena kecepatan mobil saat menabrak lebih dari 100 km/jam,” ujar Latif.

3. Air bag befungsi bagus, namun air bag Bibi pecah karena hantaman

Polisi: Tak Ada Pengereman Mobil Vanessa Angel sebelum Menabrak BetonKondisi TKP kecelakaan mobil artis Vanessa Angel bersama suaminya Febri Andriansyah di Tol Jombang, Jawa Timur KM 672. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Latif memastikan air bag mobil Vanessa bekerja dengan baik. Hal tersebut terlihat dari kondisi Joddy dan pengasuh anak Vanessa yang selamat berkat air bag.

“Alhamdulillah semua air bag mengembang. Namun air bag di tempat Bibi sampai pecah akibat hantaman yang keras,” kata Latif.

Baca Juga: Sopir Vanessa Angel Menelapon usai Tabrak Pembatas Tol Jombang

4. Penyebab kecelakaan di Tol Jakarta-Surabaya didominasi dengan hilangnya konsentrasi

Polisi: Tak Ada Pengereman Mobil Vanessa Angel sebelum Menabrak BetonPolisi mengevakuasi korban kecelakaan mobil artis Vanessa Angel pada Kamis (4/11/2021). (dok. IDN Times/Istimewa)

Latif menjelaskan, Tol Jakarta-Surabaya yang memiliki panjang 750 km itu didominasi dengan kecelakaan disebabkan oleh hilangnya konsentrasi, pecah ban, dan kecepatan yang membuat kecelakaan semakin parah.

“Yang menghilangkan konsentrasi pengenudi bisa karena ngantuk, kelelahan, dan berkegiatan di luar aktivitas mengemudi salah satunya main hp. Nah ini salah satu hal yang kami dalami,” kata Latif.

Baca Juga: Temuan Terbaru Laka Vanessa, Sopir Diduga Hilang Konsentrasi

5. Joddy bisa dijerat pasal kesengajaan atau kelalaian yang menyebabkan kematian

Polisi: Tak Ada Pengereman Mobil Vanessa Angel sebelum Menabrak BetonMobil yang ditumpangi artis Vanessa Angel bersama suaminya Febri Andriansyah mengalami kecelakaan di Tol Jombang, Jawa Timur KM 672. (dok. IDN Times/bt)

Jika Joddy terbukti bermain handphone saat mengemudi hingga terjadi kecelakaan maka itu merupakan tindak pidana. Dia bisa dianggap membahayakan nyawa orang lain.

“Pasal 311, karena dia sengaja. Namun jika diaebabkan mengantuk, maka 310, karena lalai. Pecah ban juga lalai karena tidak mengecek kondisi kendaraan,” ujar Latif.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya