Comscore Tracker

Polres Depok Tangkap Pembunuh Anggota TNI di Cimanggis   

Penusukan berawal dari ketersinggungan sesama suku

Jakarta, IDN Times - Polres Metro Depok menangkap seorang pembunuh anggota TNI yang terjadi di Cimanggis, Depok pada Rabu (22/9/2021). Pelaku adalah Ivan Victor Dethan (28) yang berhasil ditangkap di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (23/9/2021).

Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar mengatakan, saat kejadian ada dua korban. Mereka adalah warga sipil, Adam Sesfao mengalami luka tusuk di paha dan Sertu Yorhan Lopo yang meninggal dunia karena luka tusuk di dada. 

“Salah satu korban adalah anggota TNI yang dilakukan oleh tersangka atas inisial I. Kejadian 22 September, korban ditemukan tanggal 23 pagi pukul 06.00,” kata Imran saat merilis kasus di Polres Depok, Jumat (24/9/2021).

1. Ivan dipanggil untuk melerai konflik antara Marnus dengan Adam Sesfao

Polres Depok Tangkap Pembunuh Anggota TNI di Cimanggis   Kapolrestro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar. (IDNTimes/Dicky)

Imran menjelaskan penusukan terjadi pada Rabu (22/9/2021) malam. Saat itu Ivan dihubungi oleh seorang teman untuk membantu menyelesaikan konflik temannya, Marnus dengan Adam Sesfao.

Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP) Jalan Patumbak, Cimanggis, Depok. Ivan melihat Marnus dengan Adam Sesfao adu mulut, kemudian Ivan langsung melayangkan pisau lipat ke arah Adam.

“Tersangka I menusuk saudara A mengenai paha kanan,” ujar Imran.

Baca Juga: Polda Metro Akan Panggil Luhut soal Pelaporan Haris Azhar dan Fatia  

2. Perkelahian dilatarbelakangi ketersinggungan

Polres Depok Tangkap Pembunuh Anggota TNI di Cimanggis   Ilustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Melihat kejadian itu, Sertu Yorhan Lopo menghampiri Ivan dengan niat melerai perkelahian. Namun, secara spontan, Ivan juga menusuk dada kiri Sertu Yorhan Lopo. 

Imran memastikan, Ivan saat itu tidak dalam keadaan mabuk. Perselisihan terjadi karena ketersinggungan.  

“Antara saudara M dan A ini konflik biasa, ketersinggungan saja dengan kata-kata ini smua pelaku satu suku, sepertinya saling kenal,” ujar Imran.

3. Sertu Yorhan Lopo ditemukan tak bernyawa di sebuah lahan kosong

Polres Depok Tangkap Pembunuh Anggota TNI di Cimanggis   Ilustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah mendapatkan luka tusuk, Sertu Yorhan Lopo sempat melarikam diri dari lokasi kejadian. Namun, akibat luka tusuk di dada tersebut, Sertu Yorhan Lopo tersungkur di sebuah lahan kosong dan akhirnya ditemukan sudah tak bernyawa. 

“Dari lokasi sampai ditemukan korban itu sekitar 50 meter, tapi akibat luka itu yang menyebabkan dia meninggal,” ujar Imran.

Akibat peristiwa ini, Ivan akan dijerat Pasal 338 dan atau Pasal 351 KUHP karena telah menghilangkan nyawa seseorang. Ia terancam 15 tahun kurungan penjara.

Baca Juga: Siap-Siap, Ganjil Genap Akan Diberlakukan di Jalan Raya Margonda Depok

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya