Comscore Tracker

Polri Ajak KKB Turun dari Gunung untuk Berdialog Membangun Papua

Satgas Nemangkawi akan memperbanyak usaha soft approach

Jakarta, IDN Times - Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, dalam masa perpanjangan Satuan Tugas Operasi Nemangkawi akan memperbanyak kegiatan soft approach.

Termasuk meminta Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) turun dari tempat persembunyiannya di gunung untuk melakukan dialog.

“Kita mengajak kepada teman-teman (KKB) yang sekarang masih di gunung, tidak mau turun, kita ajak. Sama-sama kita ajak kepada Pemda, kepada tokoh adat ayo kita ajak turun (KKB), bangun daerahnya,” kata Argo di Mabes Polri, Senin (31/5/2021).

1. Polri akan memberikan pendampingan terkait Otsus

Polri Ajak KKB Turun dari Gunung untuk Berdialog Membangun Papua(Kiri) Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Kanan) Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Argo menjelaskan, selain melakukan dialog, Polri juga akan memberikan pendampingan kepada masyarakat Papua terkait penggunaan dana otonomi khusus (Otsus) yang belum dirasakan secara merata di Papua.

“Presiden Jokowi sudah terfokus baik itu infrastruktur, kesejahteraan pun sudah diberikan kepada Papua. Tentunya masih ada yang misalnya dana Otsus yang belum dirasakan oleh masyarakat bawah, itu tentunya menjadi evaluasi,” ujar Argo.

Baca Juga: Kontak Tembak di Ilaga Papua, Anggota KKB Welenggen Tabuni Tewas

2. KKB umumkan lokasi perang

Polri Ajak KKB Turun dari Gunung untuk Berdialog Membangun PapuaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menantang dan telah menentukan lokasi perang kepada TNI-Polri.

Pengumuman lokasi perang itu disampaikan oleh Panglima TPNPB-OPM Goliath Tabuni Dan Komandan Operasi Nasional Lekagak Telenggen.

Juru Bicara TPNPB-Sebby Sambom mengatakan, lokasi perang itu berada di Muara, Kabupaten Puncak, Papua.

“Bersama Komandan operasi nasional Mayen Lekgak Telenggen mengimbau kepada militer Setan kolonial Indonesia untuk area lapangan perang sudah ditentukan demi pengamanan keselamatan rakyat sipil di Kabupaten Puncak, Ilaga,” kata Sebby dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Kamis (27/5/2021).

3. TNI-Polri: TNPB-OPM sudah tidak mendapat simpati masyarakat

Polri Ajak KKB Turun dari Gunung untuk Berdialog Membangun PapuaKasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Al Qudussy. (dok. Pribadi/M. Iqbal Al Qudussy)

Sementara itu, Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy enggan menanggapi pengumuman tersebut. Menurutnya, TPNPB-OPM hanya menyebar propaganda dengan tujuan mencari perhatian rakyat Papua.

Sebab, saat ini TPNPB-OPM kata Iqbal, tak lagi menguasai Puncak Papua.

“Tidak usah ditanggapi, itu hanya broadcast propaganda hoaks, mereka sudah tidak dapat simpati dari masyarakat,” ujar Iqbal kepada IDN Times.

Baca Juga: KKB Serang Pos Polisi Oksamol Papua, 1 Polisi Gugur

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya