Polri: Anggota Brimob Jaga Kapolda Jambi dari Serangan Hewan Buas

Anggota Brimob dibekali senjata api

Jakarta, IDN Times - Tim evakuasi hingga saat ini belum berhasil mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, dari perbukitan Kerinci, Jambi, karena terhalang cuaca dan bakal dilanjutkan besok, Selasa (21/2/2023).

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, saat ini personel Brimob ditempatkan di lokasi untuk mengamankan Kapolda Jambi dari serangan serangan hewan buas.

“Hewan buas kita antisipasi, anggota Brimob di sana memiliki peralatan untuk melindungi korban yang saat ini menjadi fokus evakuasi,” kata Dedi dalam jumpa persnya di Mabes Polri, Senin (20/2/2023).

1. Proses evakuasi dihentikan sementara karena cuaca

Polri: Anggota Brimob Jaga Kapolda Jambi dari Serangan Hewan BuasKaro Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono (Dok. Humas Polri)

Dedi menjelaskan, proses evakuasi terhenti lantaran turun kabut disertai angin dan petir.

“Maka proses evakuasi dihentikan hingga sore hari ini. Memang proses evakuasi melalui jalur udara sangat bergantung pada cuaca,” kata Dedi.

Selain cuaca, proses evakuasi juga terhalang medan lokasi. Sebab, titik lokasi merupakan tebing terjal dan terkendala kondisi cuaca ekstrem.

"Karena lokasi tempat mendaratnya heli darurat itu adalah berupa tebing yang terjal," ujar Dedi.

Lokasi tebing terjal itu menyebabkan helikopter penyelamat tak bisa mendarat. Sehingga, anggota yang tergabung dalam tim evakuasi udara harus bergeser terlebih dulu dan baru mencapai titik keberadaan Kapolda Jambi.

"Pakai heli pun dia nggak  bisa langsung lurus harus vertikal, tapi dia di satu titik tebing kemudian jalan lagi menuju lokasi di mana heli tersebut mendarat darurat," sebutnya.

Baca Juga: Tim SAR Sudah Mendarat di Lokasi Jatuhnya Helikopter Kapolda Jambi

2. Evakuasi dihentikan pukul 20.00 WIB dan berlanjut besok

Polri: Anggota Brimob Jaga Kapolda Jambi dari Serangan Hewan BuasKaro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Oleh karena itu, proses evakuasi untuk hari ini akan diakhiri hingga pukul 20.00 WIB. Evakuasi dihentikan demi keselamatan tim dan korban di lokasi.

Proses evakuasi pun akan kembali digelar pada esok hari, (21/2/2023).

“Semoga besok pagi cuaca cerah,” kata Dedi.

3. Kapolda Jambi alami luka parah di tangan kanan

Polri: Anggota Brimob Jaga Kapolda Jambi dari Serangan Hewan BuasKaro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Adapun kondisi Irjen Rusdi saat inikata Dedi, mengalami luka serius di tangan kanan. Sehingga tim evakuasi memfokuskan keselamatan Rusdi dengan mengirimkan dua dokter polisi (Dokpol) ke lokasi untuk melakukan perawatan hingga berhasil dievakuasi.

“Kondisi tangan kanannya alami luka serius. Ini yang harus kita rawat,” ujar Dedi.

Baca Juga: Helikopter Mendarat Darurat, Polri: Kapolda Jambi Selamat tapi Luka

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya