Polri Bantu Proses Pemulangan Jenazah Putra Ridwan Kamil dari Swiss

Jenazah Eril ditemukan di Swiss pada 8 Juni 2022

Jakarta, IDN Times - Polri akan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan kepolisian Swiss, dalam rangka mengawal serta membantu pemulangan jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril.

Ridwan Kamil dalam unggahannya di media sosial menyebut jenazah anaknya akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022. Eril ditemukan usai hilang sejak 26 Mei 2022 di Sungai Aaree, Bern, Swiss.

“Ya, Polri nanti dengan KBRI dan polisi Swiss akan bantu pemulangan,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada IDN Times, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga: Kronologi Penemuan Jenazah Eril yang Hilang 2 Pekan di Sungai Aaree

1. Yellow notice segera dicabut

Polri Bantu Proses Pemulangan Jenazah Putra Ridwan Kamil dari SwissKadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Beberapa langkah Polri dalam mengawal pencarian Eril telah dilakukan, salah satunya yellow notice diajukan oleh National Central Bureau (NCB) Interpol Polri. Kemudian, interpol menerbitkan yellow notice pada Rabu, 1 Juni 2022, dengan status sebagai orang hilang.

Dengan begitu, yello notice yang telah diterbitkan Organisasi Polisi Kriminalitas Internasional itu akan segera dicabut.

“Kalau sudah ditemukan maka yellow notice-nya akan dicabut oleh interpol pusat lyon,” kata Dedi.

2. Jenazah Eril diserahkan kepolisian Swiss kepada pihak keluarga di KBRI

Polri Bantu Proses Pemulangan Jenazah Putra Ridwan Kamil dari SwissGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (jaket kuning) didampingi Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad mendengarkan penjelasan dari polisi Swiss terkait pencarian Eril yang hanyut di Sungai Aare, 26 Mei 2022. (Dokumentasi KBRI Bern)

Terkait dari NCB Interpol Hubinter, kata Dedi, Polri terus berkomunikasi, termasuk komunikasi dengan kepolisian setempat bahwa jenazah Eril sudah ditemukan oleh kepolisian penjaga pintu air Swiss.

"Selanjutnya akan ada penyerahan di KBRI oleh kepolisian setempat kepada pihak keluarga,” ujar Dedi.

Baca Juga: [BREAKING] Jenazah Eril Ditemukan Usai 2 Pekan Pencarian

3. Jenazah Eril ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi waktu Swiss

Polri Bantu Proses Pemulangan Jenazah Putra Ridwan Kamil dari SwissIlustrasi sungai Aare, Bern, Swiss (pinterest)

Kepolisian Bern, Swiss telah menemukan jenazah Eril pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi waktu setempat. Kemudian, dilakukan pemeriksaan forensik dan hasilnya terbit pada Kamis siang. Hasil menyatakan jenazah tersebut benar adalah putra sulung Ridwan Kamil.

Saat ini, pihak keluarga Ridwan Kamil telah mengantongi keputusan dari Pengadilan Kota Bern untuk serah terima jenazah Eril dari pihak kepolisian Bern.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya