Comscore Tracker

Polri: DPO Terduga Teroris NF Ditangkap di Kediamannya

Orang tua NF memberitahu polisi keberadaan anaknya yang DPO

Jakarta, IDN Times - Polri menyatakan terduga teroris Nouval Farisi alias NF bukan menyerahkan diri, melainkan ditangkap di kediamannya berdasarkan informasi dari orang tua yang bersangkutan.

“Diamankannya saudara NF hasil dari informasi orang tuanya sendiri kepada Polsek Setiabudi sehingga penyidik dari Polsek Setiabudi turun ke rumah saudara NF untuk mengamankan dan menyerahkan ke Densus 88,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jumat (9/4/2021).

1. Informasi awal menyebut Nouval menyerahkan diri diantar orang tuanya

Polri: DPO Terduga Teroris NF Ditangkap di KediamannyaTerduga teroris NF menyerahkan diri ke Polsek Setiabudi, Jumat (9/4/3021) (instagram.com/cetul.22)

Sebelumnya diberitakan, Nouval menyerahkan diri setelah dinyatakan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Densus 88 Polri.

Informasi ini pertama kali disiarkan oleh akun Instagram @cetul22. Dalam info tersebut, Nouval disebut menyerahkan diri ke Polsek Metro Setiabudi pada Kamis (8/4/2021) pukul 23.00 WIB.

“Nauval datang bersama orangtuanya untuk memberikan keterangan kepada penyidik bahwa dirinya tak mengetahui adanya DPO terorisme yang dikeluarkan Densus 88,” tulis akun @cetul22.

Dalam keterangannya, Nouval mengetahui dirinya masuk dalam DPO setelah sang ayah menjemputnya saat berada di Masjid Atta’Awun Cisarua, Bogor pada pukul 18.30 WIB.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah membenarkan informasi tersebut. “Ya, benar (Nouval menyerahkan diri),” kata Azis.

Baca Juga: DPO Terduga Teroris NF Akhirnya Menyerahkan Diri Diantar Orang Tua

2. Terduga teroris terdaftar sebagai penerima BST

Polri: DPO Terduga Teroris NF Ditangkap di KediamannyaNouval Farisi termasuk dalam Daftar Pencarian Orang Densus 88 (dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Nouval yang berdomisili di Jakarta Selatan, belakangan diketahui sebagai penerima program Bantuan Sosial Tunai (BST). Nauval juga ternyata sempat sempat mencairkan bantuan itu pada awal Februari 2021.

"Terakhir saya bertemu Nouval saat pembagian BST awal Februari," ujar Ketua RT 03 RW 04 Kelurahan Tanjung Barat, Jagakarsa, Budianto di Jakarta Selatan, seperti dilansir ANTARA, Jumat (9/4/2021).

Nouval selama ini menerima BST Rp300 ribu per bulan. Sementara, BST 2021 sudah dicairkan pada Januari dan Februari, serta sisanya bakal dicairkan pada Maret dan April 2021.

Nouval juga diketahui sebagai penerima bansos sembako. Dua bantuan tersebut adalah rangkaian bantuan kepada masyarakat terdampak pandemik COVID-19.

3. Tiga warga Jaksel DPO Densus 88

Polri: DPO Terduga Teroris NF Ditangkap di KediamannyaYusuf Iskandar alias Jerry termasuk dalam Daftar Pencarian Orang Densus 88 (dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Mabes Polri baru saja merilis identitas tiga terduga teroris yang masuk dalam DPO Densus 88 Antiteror. Foto dan data diri tiga terduga teroris itu diunggah akun Twitter Divisi Humas Polri, @DivHumas_Polri, Kamis (8/4/3021).

Mereka adalah Yusuf Iskandar alias Jerry. Ia tinggal di Jalan Ketapang RT 10/RW 01, Kelurahan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kemudian, Nouval Farisi yang beralamat di Jalan Mawar RT 003/04, Kelurahan Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Terakhir Arief Rahman Hakim, berdomisili di Jalan Damai RT 002/05, Kelurahan Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Terduga Teroris NF Ternyata Penerima BST dan Bansos Sembako COVID-19

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya