Comscore Tracker

Polri Imbau Warga Papua Tak Terprovokasi Rasisme kepada Natalius Pigai

Polri memastikan penyelidikan transparan

Jakarta, IDN Times - Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Argo Yuwono mengimbau warga Papua agar tidak terprovokasi kasus dugaan rasisme terhadap tokoh Papua, Natalius Pigai. Ia berharap warga tidak melakukan tindak pidana dalam merespons kasus tersebut.

Argo memastikan Bareskrim Polri akan memproses kasus rasisme yang dilakukan pemilik akun Facebook, Ambroncius Nababan, terhadap Natalius Pigai.

“Jangan membuat sesuatu yang nanti akan melanggar pidana. Percayakan bahwa kepolisian akan transparan dalam melakukan penyidikan kasus ini,” kata Argo dalam keterangan persnya di Mabes Polri, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga: Kasus Natalius Pigai, Komnas HAM: Pelaku Rasisme Harus Diproses Hukum!

1. Kasus rasisme terhadap Natalius Pigai diambil alih Bareskrim

Polri Imbau Warga Papua Tak Terprovokasi Rasisme kepada Natalius PigaiANTARA FOTO/Dhoni Setiawan

Argo menjelaskan, saat ini kasus dugaan rasisme tersebut sudah diambil alih Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Sehingga, kata dia, proses hukum dipastikan berjalan.

“Dari pihak kepolisian tidak tinggal diam. Kita sudah bisa memprikdisi dengan adanya postingan itu dan kita sudah melakukan analisis oleh Siber Bareskrim,” ujar Argo.

2. Polri menerapkan konsep presisi

Polri Imbau Warga Papua Tak Terprovokasi Rasisme kepada Natalius PigaiANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Polri, kata Argo, menerapkan konsep presisi (prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan) dalam mengusut kasus dugaan rasisme terhadap Natalius Pigai. Polri juga berjanji transparan dalam menangani kasus tersebut.

Argo menjelaskan bentuk prediktif itu mulai dilakukan Polri saat melihat unggahan Ambroncius Nababan di Facebook sejak 24 Januari 2021. Polri melihat unggahan berisi hal yang tak pantas.

"Kemudian, setelah dilakukan analisa oleh Bareskrim Polri sekitar tanggal 24 Januari 2021. Bahwa akun rasisme tersebut ada di media sosial yaitu Facebook, yang atas namanya AN yang diduga mengunggah foto yang tidak pantas," kata Argo.

3. Polri panggil Ambroncius Nababan

Polri Imbau Warga Papua Tak Terprovokasi Rasisme kepada Natalius PigaiKepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Argo menyampaikan, Polri kemudian langsung memanggil Ambroncius Nababan untuk memproses kasus tersebut. Oleh karena itu, ia meminta warga Papua untuk mempercayakan proses hukum kepada Polri.

"Jangan membuat sesuatu yang nanti akan melanggar pidana. Percayakan bahwa kepolisian akan transparan dalam melakukan penyidikan kasus ini," tutur Argo.

Baca Juga: Warganet Kecam Dugaan Rasisme Kader Hanura Terhadap Natalius Pigai

Topic:

  • Irfan Fathurohman
  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya