Comscore Tracker

Polri: Jalur Mudik Tol Palembang hingga Probolinggo Hari Ini Lancar

Ada sedikit kepadatan lalu lintas menuju Pelabuhan Merak

Jakarta, IDN Times - Polisi memantau Command Center yang merupakan bagian dalam posko Operasi Ketupat 2022, dalam rangka kesiapan mengamankan mudik Lebaran tahun ini.

Hasil pantauan lewat Command Center, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut, situasi arus lalu lintas (lalin) jelang Hari Raya Idul Fitri saat ini, khususnya di jalan tol mulai dari Palembang hingga Probolinggo masih dalam keadaan lancar.

"Situasi jalan tol di Palembang sampai Probolinggo, Jawa Timur saat ini, Minggu, 24 April 2022 pukul 10.38 WIB dalam keadaan lancar," kata Dedi lewat keterangan tertulisnya, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga: Arus Mudik Mulai Ramai, Pelabuhan Merak Seberangkan 21.860 Penumpang

1. Sedikit kepadatan di Pelabuhan Merak

Polri: Jalur Mudik Tol Palembang hingga Probolinggo Hari Ini LancarIlustrasi kendaraan saat mengantre di Pelabuhan Merak. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dedi menjelaskan, terdapat sedikit kepadatan kendaraan di sekitar ruas jalan Pelabuhan Merak yang menjadi lokasi penghubung pemudik ke provinsi wilayah Jawa-Sumatra, begitu pula sebaliknya.

"Dalam pantauan Command Center, terpantau pula, terdapat ruas jalan tersendat di sekitar Pelabuhan Merak," ujar dia.

2. Polri langsung mengerahkan personel ke titik kepadatan

Polri: Jalur Mudik Tol Palembang hingga Probolinggo Hari Ini LancarIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Meskipun begitu, Dedi memastikan, personel kepolisian yang dikerahkan secara langsung ke lapangan, akan segera mengatur lalu lintas di titik-titik yang mengalami kemacetan atau kepadatan.

"Anggota pos pengamanan telah ter-ploting dan mengatur kelancaran arus. Kepolisian berusaha untuk wujudkan mudik yang aman dan sehat pada tahun ini bagi masyarakat," ujar dia.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Lebaran Aman, Sehat, dan Bahagia Versi Polisi

3. Kapolri imbau masyarakat mudik lebih awal

Polri: Jalur Mudik Tol Palembang hingga Probolinggo Hari Ini LancarKapolri Jendral Pol Listyo Sigit meninjau pengamanan demo mahasiswa di Istana Negara pada Senin (11/4/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit mengimbau kepada masyarakat agar mudik sebelum 28, 29, dan 30 April 2022, yang diprediksi menjadi puncak arus mudik Lebaran 1443 Hijriah.

Pada tahun ini, kata Sigit, berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, terdapat 83 juta warga hendak mudik, 23 juta di antaranya menggunakan mobil dan 17 juta dengan motor. Dengan melakukan mudik lebih awal, dapat mengurangi potensi terjadinya kemacetan di jalan tol atau pun jalur darat lainnya.

Kapolri juga mengimbau kepada instansi swasta agar memberikan kesempatan mudik lebih awal kepada karyawan-karyawannya. 

"Kita harapkan dengan memanfaatkan waktu yang ada, maka potensi kemacetan yang ada di jalan, khususnya jalur tol ini bisa kita dikelola dengan baik," ujar Sigit saat gelar apel pasukan pengamanan mudik 2022 di Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 22 April 2022.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya