Polri Pastikan Tidak Ada Seleksi untuk Merekrut 57 Eks Pegawai KPK

Sebagian eks pegawai KPK sudah menerima tawaran Kapolri

Jakarta, IDN Times - Mabes Polri menegaskan tidak ada proses seleksi dalam merekrut 57 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.

Kabag Penum Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menegaskan, Polri menawarkan posisi ASN kepada eks pegawai KPK tanpa syarat.

“Tidak ada seleksi, artinya kita menawarkan, tentu dari pihak eks pegawai KPK sendiri yang (mempertimbangkan), itu nanti lihat dari koordinasinya bentuknya seperti apa,” ujar Ramadhan di Mabes Polri, Senin (11/10/2021).

1. Baru sebagian eks pegawai KPK yang menerima tawaran Kapolri

Polri Pastikan Tidak Ada Seleksi untuk Merekrut 57 Eks Pegawai KPKKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021) (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Meski tak ada proses seleksi, Ramadhan sebut baru sebagian dari 57 eks pegawai KPK yang telah menerima tawaran Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit untuk bergabung menjadi ASN Polri.

Ramadhan mengatakan akan ada pertemuan lanjutan dengan 57 eks pegawai KPK bersama penyelidik, dan penyidik KPK untuk merumuskan perekrutan.

“Sudah ada perwakilan dari mereka, sebagian mereka juga akan menerima apa yang ditawarkan Kapolri,” kata Ramadhan.

Baca Juga: Polri: Sebagian dari 57 Eks Pegawai KPK Terima Tawaran Kapolri

2. Polri akan menyesuaikan posisi 57 eks pegawai KPK

Polri Pastikan Tidak Ada Seleksi untuk Merekrut 57 Eks Pegawai KPKKepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Meski begitu, Polri akan menyesuaikan posisi dari 57 eks pegawai KPK. Mengingat, tidak seluruhnya merupakan bekas penyidik.

“Eks pegawai KPK bukan penyidik semua tentu penempatan itu bisa disesuaikan dengan kompetensinya. Itu berdasarkan hasil koordinasi SDM Polri, BKM dan KemenPAN-RB,” ujar Ramadhan.

3. 9 eks pegawai KPK sambangi Mabes Polri terima tawaran Kapolri

Polri Pastikan Tidak Ada Seleksi untuk Merekrut 57 Eks Pegawai KPKPegawai nonaktif KPK lakukan aksi protes di depan Gedung KPK pada Rabu (15//9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, sebanyak sembilan orang perwakilan dari 57 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Mabes Polri pada Senin (4/10/2021).

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, 57 eks pegawai KPK menerima tawaran Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo untuk jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polri.

“Bahwa dari perwakilan sudah (menerima), sudah diskusi. Dari sembilan orang tadi mengapresiasi apa yang menjadi harapan Kapolri,” kata Argo di Mabes Polri, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Eks Pegawai KPK: Korban dan Pelanggar HAM Gak Mungkin Kerja Sama

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya