Polri: Pelaku Kerusuhan Yahukimo Papua Diduga Kumpulkan Massa

Terduga pelaku, Morume Keya Busup adalah kepala suku Kimoyal

Jakarta, IDN Times - Satgas Nemangkawi dan Polres Yahukimo telah menangkap pelaku utama penyerangan suku Yali, Morume Keya Busup. Atas penyerangan tersebut, terjadilah kerusuhan di Yahukimo yang menewaskan enam orang warga setempat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Rusdi Hartono menjelaskan, peran Morume dalam peristiwa tersebut adalah yang menginisiasi, mengumpulkan dan menggerakkan massa.

“Berdasarkan informasi yang diterima kepolisian di sana, yang bersangkutan adalah yang menginisiasi, mengumpulkan dan menggerakkan daripada kelompok sehingga terjadi kekerasan,” ujar Rusdi di Mabes Polri, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Utama Kerusuhan Yahukimo Papua 

1. Polisi tetapkan 23 orang sebagai tersangka kerusuhan Yahukimo

Polri: Pelaku Kerusuhan Yahukimo Papua Diduga Kumpulkan MassaIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Rusdi menjelaskan, Morume Keya Busup merupakan kepala suku Kimoyal. Ia menyerang suku Yali pada Minggu (3/10/2021). Hingga saat ini, polisi telah menetapkan 23 tersangka kerusuhan antarsuku di Yahukimo.

“Sampai saat ini masih ada DPO, kita tunggu nanti kabar dari Polda Papua,” ujar Rusdi.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 22 Tersangka Kerusuhan di Yahukimo

2. Morume ditangkap bersama satu tersangka lainnya

Polri: Pelaku Kerusuhan Yahukimo Papua Diduga Kumpulkan MassaIlustrasi Kabupaten Yahukimo, Papua (Dok. Google Maps)

Morume Keya Busup merupakan orang yang masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Yahukimo. Ia berhasil ditangkap pada Sabtu (9/10/2021) pada pukul 03.40 WIT di jalan Gunung Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Selain Mourome Busup, tim gabungan juga berhasil menangkap satu orang lain bernama Beto Ordias. Saat ini, kedua tersangka telah diamankan dan dibawa ke Polres Yahukimo untuk kemudian dilakukan penyidikan lebih mendalam.

Baca Juga: Polri: Keluarga Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup Tolak Autopsi

3. Kerusuhan di Yahukimo dipicu karena kematian Abock Busup

Polri: Pelaku Kerusuhan Yahukimo Papua Diduga Kumpulkan MassaKader PAN yang juga mantan Bupati Yahokimo, Abock Busup (Dok. abockbusup.com)

Kerusuhan antar suku di Yahukimo terjadi karena dipicu kabar simpang siur alasan meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup saat tugas ke Jakarta. Abock ditemukan tak sadar diri di kamar Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat.

Pihak Kepolisian menegaskan bahwa tidak ada tanda-tanda kekerasan maupun obat-obatan. Abock akhirnya dibawa ke RS Meilia Cibubur sekitar pukul 11.00 WIB dan nyawanya tak tertolong.

Pascaperistiwa penyerangan ini, Polres Yahukimo mengamankan 52 orang terduga pelaku penyerangan. Saat ini, sudah 23 orang ditetapkan sebagai tersangka atas peristiwa yang menyebabkan 41 orang luka-luka dan enam orang dipastikan meninggal dunia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya