Polri: Peristiwa di Magelang Hanya Allah, Brigadir J dan PC yang Tahu

Kesaksian Irjen Ferdy Sambo hanya berdasarkan penuturan

Jakarta, IDN Times - Motif pembunuhan berencana Brigadir J oleh eks Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di rumah dinasnnya diduga dipicu peristiwa di Magelang, Jawa Tengah.

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto mengatakan, saksi yang mengetahui peristiwa itu secara pasti hanya Brigadir J dan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

“Yang pasti tau apa yang terjadi ya Allah SWT, almarhum (Brigadir J) dan Bu PC,” kata Agus saat dihubungi, Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Komnas HAM: Saksi Tak Lihat Lawan Tembak Brigadir J

1. Saksi hidup hanya berdasarkan penuturan

Polri: Peristiwa di Magelang Hanya Allah, Brigadir J dan PC yang TahuKepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), Irjen Ferdy Sambo (ANTARA/HO-Polri)

Agus menjelaskan, peristiwa itu diketahui Brigadir J dan PC karena saksi lainnya hanya berdasarkan penuturan. Oleh sebab itu, istri Ferdy Sambo menjadi saksi mahkota dalam kasus ini.

“Kalaupun Pak FS dan saksi lain seperti Kuat, Riki, Susi dan Ricard hanya bisa menjelaskan sepengetahuan mereka,” ujar Agus.

Baca Juga: Timsus ke Magelang Telusuri Asal Usul Kemarahan Ferdy Sambo 

2. Timsus bergerak ke Magelang

Polri: Peristiwa di Magelang Hanya Allah, Brigadir J dan PC yang TahuBrigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat (kanan) ketika bersama atasannya Kadiv Propam Irjen (Pol) Ferdy Sambo (www.facebook.com/@rohani.simanjuntak)

Demi mengetahui peristiwa yang terjadi di Magelang, Tim Khusus (Timsus) bergerak ke Magelang. Harapannya, peristiwa Magelang bisa tergambar.

“Tim sedang ke Magelang untuk menelusuri kejadian disana agar secara utuh kejadian bisa tergambar,” ujar Agus.

Baca Juga: Pengacara Sebut Pembunuhan Brigadir J Dipicu Peristiwa di Magelang

3. Peristiwa Magelang diyakini jadi faktor utama pemicu pembunuhan

Polri: Peristiwa di Magelang Hanya Allah, Brigadir J dan PC yang TahuKadiv Propam, Irjen (Pol) Ferdy Sambo dan sang istri, Putri Candrawathi. (www.instagram.com/@divpropampolri)

Agus menyebut Timsus juga mendalami barang bukti yang dibutuhkan dalam proses penyidikan. Selain itu, kepergian tim ke Magelang juga untuk mengetahui faktor pemicu pembunuhan Brigadir J.

"Yang pasti hal dibutuhkan penyidiklah," ucap Agus. "Faktor pemicu kejadian sebagaimana diungkapan Pak FS," tambahnya.

Terkait laporan pelecehan seksual terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, yang sudah gugur. Agus menilai meski sudah gugur, rangkaian peristiwa itu tetap harus didalami.

"Rangkaian peristiwanya begitu kan nggak bisa kita hilangkan," jelasnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya