Polri: Total 12 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di DKI Jakarta

Densus 88 Antiteror Polri hari ini menangkap NF dan W

Jakarta, IDN Times - Polri kembali menetapkan tiga DPO terduga teroris lainnya di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sehingga total menjadi enam DPO. Dua di antaranya telah dilakukan penangkapan yaitu NF alias Nouval Farisi dan W.

“Sampai saat ini ada 12 tersangka yang telah diamankan oleh penyidik Densus 88 di Wilayah DKI dan sekitarnya,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Jumat (9/4/2021).

Mereka yang sudah ditangkap adalah HH, ZA, AJ, BS, WJ, NAA, AN, DK, AK, AP, NF, dan W.

1. NF ditangkap di kediamannya

Polri: Total 12 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di DKI JakartaTerduga teroris NF menyerahkan diri ke Polsek Setiabudi, Jumat (9/4/3021) (instagram.com/cetul.22)

Penangkapan teranyar yang pertama adalah terhadap NF alias Nouval Farisi di kediamannya. Penangkapan Nouval dibantu oleh orang tuanya yang mengadukan keberadaan sang anak ke polisi.

“Diamankan saudara NF hasil dari informasi orang tuanya sendiri kepada Polsek Setiabudi sehingga penyidik dari Polsek Setiabudi turun ke rumah saudara NF untuk mengamankan dan menyerahkan ke Densus 88,” kata Ahmad.

Baca Juga: Densus 88 Antiteror Tangkap DPO Terduga Teroris W di Pasar Rebo

2. W ditangkap hari ini di Pasar Rebo

Polri: Total 12 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di DKI JakartaIlustrasi penggerebekan teroris. IDN Times/Larasati Rey

Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap salah satu terduga teroris W yang masuk dalam DPO Mabes Polri. W ditangkap di wilayah Pasar Rebo, Jakarta Timur, hari ini.

“Saudara W adalah tersangka teroris yang telah ditetapkan DPO yang memiliki peran ikut merencanakan dan ikut mengetahui pembuatan bom di rumah HH yang telah ditangkap sebelumnya,” kata Ahmad.

3. W berperan menyiapkan tempat uji coba bom

Polri: Total 12 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di DKI JakartaIlustrasi Detonator Bom (IDN Times/Mardya Shakti)

Ahmad menjelaskan, W memiliki peran cukup strategis. Selain mengetahui pembuatan bom, W juga berperan dalam menyiapkan tempat ujicoba bom di daerah Ciampea, Bogor.

“Jadi dua peran yang sementara diketahui sehingga dinyatakan oleh penyidik Densus 88 saudara W DPO. Dan telah ditangkap, saat ini masih dilakukan penahanan di rumah yang bersangkutan. Selanjutnya, nanti tersangka akan diamankan ke rutan Polda Metro untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar dia.

4. 12 terduga teroris yang telah ditangkap masih satu kelompok

Polri: Total 12 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di DKI JakartaIlustrasi Aksi Terorisme (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia menegaskan, ke-12 terduga teroris yang ditangkap merupakan satu kelompok namun belum terafiliasi dengan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) ataupun Jemaah Islamiyah (JI).

“Masih satu kelompok, masih keterkaitan. Sodara W ada kaitannya dengan sodara HH yang ditangkap sebelumnya di mana sodara W mengetahui dan ikut merencanakan pembuatan bahan peledak tersebut. Dan juga tadi menyiapkan tempat uji coba,” ujar Ahmad.

Baca Juga: Terduga Teroris NF Ternyata Penerima BST dan Bansos Sembako COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya