Comscore Tracker

PPP Gelar Mukernas Siang Ini, 2 Menteri Dijadwalkan Hadir

Akankah Mukernas PPP jadi ajang islah?

Jakarta, IDN Times - Partai Persatuan Pembangunan akan menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada 14-16 Desember, siang nanti.

Mukernas beragenda penentuan jadwal penyelenggaraan muktamar untuk memilih ketua umum dan strategi menghadapi Pilkada 2020.

Berdasarkan rundown yang diterima IDN Times, acara pembukaan Mukernas akan dihadiri Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

1. Humprey berharap Muktamar jadi medium islah PPP

PPP Gelar Mukernas Siang Ini, 2 Menteri Dijadwalkan HadirPrescon Mukernas ke-V PPP (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ketua Umum DPP PPP Muktamar Jakarta Humprey Djemat, mendorong muktamar partai berlambang Kabah tersebut jadi tempat bersatu atau islahnya dua kubu yang memecah persatuan PPP di Pemilu 2019.

Dia menilai, PPP harus lebih menyatu dan saling memperkuat ke depannya, kalau tidak punya prinsip itu sehingga kubu Muktamar Jakarta dan Muktamar Pondok Gede harus mulai mempersiapkan diri untuk melakukan Muktamar bersama.

"Kita harus semua elemen di PPP, baik Muktamar Jakarta yang saya pimpin, dan Muktamar Pondok Gede yang dipimpin Suharso, mulai berhubungan dan berkomunikasi serta mulai mempersiapkan diri melakukan muktamar bersama dan bermartabat," katanya dikutip Kantor Berita Antara, Sabtu (14/12).

Baca Juga: Elite PPP Tuding Humphrey Manfaatkan Hamzah Haz untuk Ajak Islah

2. Humprey berharap PPP segera islah agar mampu kembali meraih suara di Pemilu 2024

PPP Gelar Mukernas Siang Ini, 2 Menteri Dijadwalkan HadirMenteri Bappenas Suharso Monoarfa memberikan keterangan pers, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menurut dia, PPP pecah bukan hanya di tingkat elite saja namun sampai tingkat bawah sehingga kalau terjadi seperti itu maka apa bisa dikatakan sudah terjadi islah.

"Makanya terus terang, saya bilang hasil Pemilu 2019 ini tanpa menyalahkan siapa-siapa, kita jadi bahan instrospeksi untuk menyatukan PPP," ujarnya.

Dia menilai penyebab turunnya suara PPP karena masih ada konflik internal sehingga apakah benar terjadi islah di 2016 kalau hasil Pemilu 2019 tidak memuaskan.

Menurut dia, kalau PPP tidak ada masalah pada Pemilu 2019, bisa jadi parameter bahwa islah sudah terjadi namun ternyata hasil Pemilu tidak memuaskan.

3. Suharso Monoarfa hingga Asrul Sani masuk bursa caketum

PPP Gelar Mukernas Siang Ini, 2 Menteri Dijadwalkan HadirWakil Ketua MPR dari Fraksi PPP, Arsul Sani (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kemudian nama yang muncul sebagai calon ketua umum jelang muktamar yaitu, Pelaksana Ketum PPP yang juga Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Waketum PPP Mardiono, Sekjen PPP Arsul Sani, Wakil Ketua Pertimbangan Akhmad Muqowan, Waketum sekaligus Ketua Fraksi PPP DPR Amir Uskara.

Namun demikian, hingga hari ini kelimanya belum mendeklarasikan diri maju sebagai Caketum PPP.

Baca Juga: Mukernas PPP Digelar Desember 2019, Agenda Pemilihan Ketum

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya