PPP Legowo Jika Gerindra Masuk Pimpinan MPR

Gerindra dan PPP akan berkoalisi di Pilkada serentak

Jakarta, IDN Times - Sekjen PPP Arsul Sani mengatakan pihaknya tidak keberatan jika nantinya Gerindra satu paket dalam pimpinan MPR periode 2019-2024. Sehingga, pemilihan bisa dilakukan secara musyawarah mufakat dan aklamasi.

“Intinya adalah PPP tidak berkeberatan Gerindra. Kalau itu kan soal di parlemen, ya. PPP bagian dari itu tidak keberatan Gerindra kalau kemudian ada dalam satu paket,” kata Sekjen PPP Asrul Sani setelah pertemuan Ketum Gerindra Prabowo dan Ketum PPP Suharso di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (15/8).

1. PPP juga sepakat dengan PAN soal penambahan jatah kursi

PPP Legowo Jika Gerindra Masuk Pimpinan MPRIDN Times/Irfan Fathurohman

Selain tak masalah dengan Gerindra yang satu paket Pimpinan MPR, Asrul juga sebut PPP sepakat dengan usulan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay soal penambahan jumlah pimpinan MPR.

“Kan PAN mengusulkan ide penambahan, itu tadi kita bahas. Tetapi kita belum mendengarkan secara rinci langkah PAN itu misalnya akan diwujudkan dengan cara seperti apa. Ya kami membuka opsi itu. Mendiskusikan itu dengan membuka opsi itu,” ujar Asrul.

Baca Juga: Gerindra Akan Undang Megawati Hadiri Rakernas September 2019

2. PPP buka peluang Gerindra masuk pemerintahan

PPP Legowo Jika Gerindra Masuk Pimpinan MPRIDN Times/Irfan Fathurohman

PPP bisa legowo kata Asrul, karena PPP telah diminta Jokowi untuk mengisi kabinetnya. Atas dasar itu lah, PPP membuka peluang Geindra masuk dalam pemerintahan.

“Yang jelas, seperti kita sampaikan, Pak Jokowi terhadap PPP baru menyampaikan pemberitahuan baha PPP tetap diminta beliau, akan diberi portofolio, dan kemudian apa portofolionya? Nanti pada akhirnya akan kami sampaikan,” kata Asrul.

3. Gerindra dan PPP bakal berkoalisi menghadapi Pilkada

PPP Legowo Jika Gerindra Masuk Pimpinan MPRIDN Times/Irfan Fathurohman

Pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PPP Suharso Monorfa dalam rangka pembahasan menghadapi Pilkada serentak 2020. Sekjen PPP Asrul Sani mengatakan tidak menutup kemungkinan bersama Gerindra mereka akan berkoalisi.

“Karena ini mau Pilkada langsung 270, tidak menutup kemungkinan Gerindra dan PPP berkoalisi di beberapa daerah, karena kalau Pilkada sangat tergantuk local wisdom dan local situation-nya seperti apa,” kata Asrul.

4. Prabowo dan Suharso menyambung komunikasi politik

PPP Legowo Jika Gerindra Masuk Pimpinan MPRIDN Times/Irfan Fathurohman

Dalam pertemuan itu, Prabowo ditemani Waketum Edhy Prabowo dan Sufmi Dasco, sementara Suharso ditemani Waketum Mardiono dari Banten. Keduanya hanya mengatakan pertemuan tersebut hanya menyambung tali silaturahmi dan komunikasi politik.

“Jadi hari ini sebetulnya menyambung komunikasi politk, menyambung persahabatan lama. Mungkin kedengeran ya kita banyak ketawa di dalam hahaha. Saya bujuk-bujuk beliau (Mardiono) untuk masuk Gerindra, ga boleh sama beliau (Suharso) hahaha. Ini kawan lama juga di Banten,” kata Prabowo dalam jumpa persnya.

Baca Juga: Prabowo Hadiri Kongres PDIP, Fadli Zon Beri Sinyal Gerindra Merapat

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya