Prabowo Hadir di Kongres PDIP, Begini Respons Sandiaga

Gerindra belum ambil langkah politik

Jakarta, IDN Times - Sandiaga Uno mengaku tidak mempermasalahkan kehadiran Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di acara kongres PDIP di Bali, Kamis (8/9).

Menurutnya, kedatangan di Kongres V PDIP itu menunjukkan bahwa Prabowo adalah sosok yang berjiwa besar, bukan yang bawa perasaan alias baperan.

"Kalau baperan itu enggak datang, Pak Prabowo enggak sama sekali, beliau melihat ini peluang untuk membuka satu upaya bersama banyak permasalahan bangsa," kata Sandiaga di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (8/8).

1. Sandiaga menyerahkan keputusan untuk merapat atau tidak ke Prabowo

Prabowo Hadir di Kongres PDIP, Begini Respons SandiagaIDN Times/Irfan Fathurohman

Terkait kemungkinan Gerindra bergabung dalam koalisi parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf, Sandiaga menyerahkan keputusan terkait hal tersebut kepada jajaran elite di Gerindra dan PDIP. 

"Saya menyerahkan pembicaraan itu di elite-elite Gerindra dan PDIP tentunya," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Kocak! Ini 4 Guyonan Megawati pada Prabowo saat Kongres V PDIP di Bali

2. Gerindra sampai saat ini belum memutuskan langkah

Prabowo Hadir di Kongres PDIP, Begini Respons SandiagaIDN Times/Irfan fathurohman

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan partainya belum memutuskan untuk bergabung dalam koalisi partai politik pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin, meskipun Prabowo hadir di kongres PDIP.

Menurutnya, Gerindra masih mempertimbangkan efektivitas posisi di pemerintahan mendatang, apakah lebih efektif di dalam dengan bergabung dalam parpol koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf atau menjadi oposisi. 

"Saya kira sikap kami mengedepankan kepentingan nasional. Bahwa nanti ada di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan itu belum kami putuskan finalnya," kata Fadli kepada di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/8).

3. Kedatangan Prabowo hanya silaturahmi

Prabowo Hadir di Kongres PDIP, Begini Respons SandiagaIDN Times/Margith Juita Damanik

Dia menjelaskan kedatangan Prabowo di Kongres V PDIP merupakan silaturahmi politik yang biasa dilakukan, terlebih Prabowo memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri selama ini. 

"Dari dulu saya sering mengatakan memang Prabowo punya hubungan baik dengan semua tokoh nasional, apalagi mantan presiden dan ketua umum partai, hubungannya baik," ucapnya.

4. Prabowo hadir di Kongres PDIP

Prabowo Hadir di Kongres PDIP, Begini Respons SandiagaANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Prabowo tiba di Arena Kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Beach, Bali dengan mengenakan kemeja batik berwarna cokelat dan celana hitam pada Kamis (8/8) pukul 12.35 WIB. Ia datang bersama Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo.

Prabowo sendiri tak banyak bicara dan langsung masuk menuju arena Kongres V PDIP. Ia hanya melemparkan senyum sembari memberi salam.

Baca Juga: Dahnil Anzar Jadi Juru Bicara Prabowo Subianto, Ini Rekam Jejaknya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya