Prabowo Hadiri Peringatan 14 Tahun Tsunami Aceh

Akan berziarah juga ke pemakaman massal korban tsunami

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akan menghadiri peringatan 14 tahun gempa dan tsunami di Banda Aceh, Rabu (26/12).

"Bapak Prabowo sudah dijadwalkan hadir pada peringatan 14 tahun bencana tsunami di Aceh," kata Tim Media Kunjungan Prabowo ke Aceh, Murdani di Banda Aceh, Selasa (25/12). 

1. Prabowo akan hadiri peringatan tsunami Aceh

Prabowo Hadiri Peringatan 14 Tahun Tsunami AcehIDN Times/Fitria Madia

Capres nomor urut 02 yang berpasangan dengan Sandiaga Uno tersebut, kata Murdani, hadir pada peringatan 14 tahun bencana gempa dan tsunami yang di pusatkan di TPI, Lampulo, Banda Aceh.

"Sesuai dengan schedule acaranya, malam ini Bapak Prabowo sudah tiba di Aceh dan besok hari akan menghadiri puncak peringatan tsunami di TPI Lampulo, Banda Aceh," katanya lagi.

Baca Juga: Kisah Menegangkan Penjual Nasi Uduk Selamat dari Tsunami Anyer

2. Acara peringatan tsunami dibuka dengan zikir

Prabowo Hadiri Peringatan 14 Tahun Tsunami AcehANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Peringatan 14 tahun bencana gempa dan tsunami di "Bumi Serambi Mekkah" dipusatkan di TPI, Lampulo Banda Aceh dan diawali dengan zikir serta doa bersama pada pukul 09.30 WIB yang dipimpin oleh Tgk Muhammad Ali yang lebih familiar dipanggil Abu Paya Pasi.

3. Prabowo juga akan berziarah ke kuburan massal korban tsunami

Prabowo Hadiri Peringatan 14 Tahun Tsunami AcehIDN Times/Fitria Madia

Usai peringatan 14 tahun tsunami, Prabowo akan melaksanakan Salat Zuhur di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, serta melakukan ziarah ke kuburan masasl korban tsunami di Gampong (desa) Siron, Kabupaten Aceh Besar.

Untuk diketahui, pendamping Prabowo atau Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut-2 yakni, Sandiaga Uno lebih dulu melakukan safari politiknya ke provinsi paling ujung barat Sumatera.

4. Tsunami menerjang Banteng dan Lampung Selatan

Prabowo Hadiri Peringatan 14 Tahun Tsunami AcehIDN Times/Panji Galih Aksoro

Seperti diketahui, tsunami menerjang Banteng dan Lampung Selatan pada Sabtu (22/12). Akibat peristiwa mengerikan ini, ratusan orang meninggal dunia dan ribuan bangunan hancur.

Peristiwa tsunami yang menerjang Banten dan Lampung Selatan ini terjadi hanya beberapa hari sebelum tsunami yang terjadi di Aceh beberapa tahun silam, membuat trauma masyarakat terhadap tsunami semakin kental.

Baca Juga: Sebelum Tsunami, Istri Ifan Sempat Diminta Ikuti Kampanye Sandiaga

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya