Comscore Tracker

Prabowo Janji Perjuangkan Kaum Disabilitas Dapat Hidup Layak

Prabowo bagi-bagi buku Paradoks Indonesia versi braile

Jakarta, IDN Times - Calon presiden Prabowo Subianto menyatakan, tidak boleh ada perbedaan antara penyandang disabilitas dengan yang lainnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Prabowo menjanjikan, hak-hak disabilitas yang masih banyak tidak terpenuhi, ke depan sudah tidak terjadi lagi.

"Kaum disabilitas wajib kita perjuangkan untuk dapat hidup layak sebagai manusia terhormat di negara ini. Cita-cita tiap manusia dari agama manapun, dari suku manapun, dari ras manapun, dari kelompok manapun, kehendak untuk hidup layak itu adalah sama bagi seluruh mausia di bumi ini," kata Prabowo dalam acara Peringatan Hari Disabilitas ke-26 di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (5/12).

Baca Juga: Reuni 212 Sepi Peliput, Prabowo Sebut Wartawan Antek Perusak Demokrasi

1. Prabowo klaim Gerindra melahirkan UU Disabilitas di parlemen

Prabowo Janji Perjuangkan Kaum Disabilitas Dapat Hidup LayakIDN Times/Irfan Fathurohman

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, sejauh ini Partai Gerindra telah berjuang untuk mewujudkan pemenuhan hak-hak kaum disabilitas dengan melahirkan Undang-Undang Dasar Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas di parlemen.

"Seperti bagaimana saudara ketahui di lingkungan saya, partai politik yang saya pimpin saat ini merasa berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia, dan disitu kami menganggap komunitas disabilitas di Indonesia adalah warga negara yang ikut memiliki hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak," ungkapnya.

2. Prabowo ingatkan pemimpin untuk melindungi tumpah darah Indonesia

Prabowo Janji Perjuangkan Kaum Disabilitas Dapat Hidup LayakIDN Times/Irfan Fathurohman

Lebih lanjut, capres nomor urut 02 ini menjelaskan, bahwa tujuan dalam kehidupan bernegara adalah agar seluruh rakyat Indonesia dapat dilindungi dari berbagai aspek kehidupan, sebagaimana yang dituangkan di pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD) 1945.

"Tujuan utama kita bernegara adalah melindungi segenap tumpah darah di Indonesia, karena itu siapa yang ingin menjadi pemimpin di negara ini di setiap tingkat apakah pemimpin tingkat desa, tingkat kecamatan, provinsi atau tingkat nasional, setiap anak bangsa yang ingin menerima tugas dan amanah sebagai pemimpin wajib untuk berjuang melindungi segenap tumpah darah Indonesia," ungkapnya.

3. Prabowo bagi-bagi buku Paradoks Indonesia versi braile

Prabowo Janji Perjuangkan Kaum Disabilitas Dapat Hidup LayakIDN Times/Irfan Fathurohman

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga memberikan buku berjudul Paradoks Indonesia versi braille untuk para penyandang disabilitas tunanetra. Buku tersebut secara simbolis diberikan kepada Furqon Hidayat, dari Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia.

Furqon menjelaskan, ia bersyukur telah mendapatkan buku berjudul Paradoks Indonesia versi braille. Ia juga berharap buku tersebut bisa bermanfaat bagi para penyandang disabilitas tunanetra.

"Kami masyarakat tuna netra Indonesia terimakasih atas pemberian buku Paradoks Indonesia versi braille. Mudah-mudahan buku ini akan bermanfaat bagi teman-teman tunanetra," tuturnya.

4. Prabowo ajak seluruh elemen masyarakat berjuang

Prabowo Janji Perjuangkan Kaum Disabilitas Dapat Hidup LayakIDN Times/Irfan Fathurohman

Prabowo mengajak seluruh elemen masyarakat agar berjuang untuk hidup dan masa depan yang jauh lebih baik.

"Karena itu juga di Republik Indonesia kita harus berjuang agar seluruh rakyat kita hidup terhormat dan hidup layak. Perjuangan saya, perjuangan kawan-kawan saya," tegasnya.

5. Prabowo sindir segelintir orang yang semakin kaya raya

Prabowo Janji Perjuangkan Kaum Disabilitas Dapat Hidup LayakYoutube

Prabowo kembali mengingatkan, Indonesia bukan mlik segelintir orang saja dan tidak boleh yang segelintir orang tersebut semakin kaya raya, namun di lain sisi masih banyak orang tidak jelas masa depannya dan tidak jelas tujuan hidupnya.

"Saudara-saudara, sebagai manusia yang terhormat, saudara pasti ingin untuk hidup dengan berdiri di atas usaha dan jerih payahnya sendiri. Karena itu, pemerintah sebuah negara yang terhormat, pemerintah itu harus benar-benar menjaga kekayaan dan sumber alam dan sumber daya ekonomi yang dimilki oleh negara ini," bebernya.

Baca Juga: Ini Janji Prabowo untuk Kaum Disabilitas

Topic:

  • Sunariyah

Just For You