Comscore Tracker

BPN: Prabowo ke Brunei pada 16 Mei, Bukan 17 Mei

Imigrasi membenarkan keberangkatan Prabowo ke Brunei

Jakarta, IDN Times - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak, memberikan penjelasan tentang kabar capres Prabowo Subianto terbang ke Brunei Darussalam pada 16 Mei.

Dahnil menyebut Prabowo bertolak ke Brunei untuk bersilaturahmi dengan Sultan Brunei Daussalam, Hassanal Bolkiah.

"Pak @prabowo ke Brunei pada tanggal 16/05/19 hanya satu hari pulang pergi tidak menginap, untuk bersilahturahim dengan Sultan Brunei Darussalam. Jadi, hoax dan fitnah bila menyebut Pak Prabowo ke LN kabur atau jalan-jalan seperti yang dilakukan seword dkk," tulis Dahnil dalam akun Twitter-nya, Sabtu (18/5).

1. BPN tepis kabar Prabowo kabur ke luar negeri

BPN: Prabowo ke Brunei pada 16 Mei, Bukan 17 MeiANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Dahnil menepis kabar Prabowo hendak kabur ke luar negeri. Menurut Dahnil, Prabowo hanya satu hari berada di negara tetangga Indonesia tersebut.

"Terkait dengan pertanyaan wartawan yang konfirmasi bahwa tanggal 17/05/19 Pak @prabowo ke Brunei bahkan berkembang fitnah beliau ke LN kabur, saya menjawab bahwa tidak benar itu hoax, karena beliau pada tanggal 17 Mei beraktivitas di Hambalang dan Kertanegara, itu foto lama yakni 16/05/19," ujar Dahnil.

Baca Juga: Sandiaga: Saya dan Prabowo Tak Pernah Minta Ada Aksi Tanggal 22 Mei

2. Prabowo ke Brunei pada tanggal 16 Mei

BPN: Prabowo ke Brunei pada 16 Mei, Bukan 17 MeiIDN Times/Irfan fathurohman

Informasi mengenai kepergian Prabowo ke luar negeri sebelumnya disampaikan oleh Ditjen Imigrasi Kemenkumham. Dari catatan Imigrasi, Prabowo bertolak ke Brunei Darussalam pada 16 Mei .

"Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei 2019, naik pesawat pribadi beliau 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000." kata Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando.

Fernando mengatakan Prabowo meninggalkan Tanah Air pada pukul 12.10 WIB. Lalu, Prabowo kembali ke Indonesia pada hari yang sama alias pulang-pergi (PP).

"Arrived pada hari dan tanggal yang sama pukul 20:12," ujarnya.

3. Dahnil sebut foto yang beredar hoaks

BPN: Prabowo ke Brunei pada 16 Mei, Bukan 17 MeiIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, Dahnil bantah Prabowo ke Brunei pada 17 Mei 2019 kemarin.

“Siang tadi Pak @prabowo shalat jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke luar negeri, namun foto lama, jadi adalah fitnah apa yang disebar oleh situs penebar hoax sperti seword ini,” cuitan Dahnil bantah Prabowo ke Brunei, Jumat (17/5).

4. Titiek pastikan Prabowo di Indonesia

BPN: Prabowo ke Brunei pada 16 Mei, Bukan 17 MeiIDN Times/Margith Juita Damanik

Politisi Partai Berkarya, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto, mengatakan Prabowo Subianto masih berada di Indonesia.

"Setahu saya masih di Indonesia, tanyalah ke Kertanegara (rumah Prabowo)," kata Titiek usai menghadiri deklarasi Gerakan Kedaulatan Rakyat di Jalan Proklamasi, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat, (17/5).

Menurut Titiek bila foto tersebut kemudian dikaitkan dengan situasi politik terkini, sangat tidak relevan. Tidak ada alasan Prabowo untuk ke luar negeri.

Baca Juga: Prabowo dan Rombongannya Diberitakan ke Brunei, Ini Bantahan dari BPN

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya