Comscore Tracker

Presiden Jokowi Akan Lantik Listyo Sigit Jadi Kapolri Rabu 27 Januari

Listyo akan mendapat kenaikan pangkat bintang empat 

Jakarta, IDN Times - DPR RI telah menetapkan Komjen Pol Listyo Sigit sebagai Kapolri menggantikan Idham Azis. Nantinya, Listyo akan dilantik Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada Rabu (27/1/2021).

“Iya (Listyo akan dilantik Rabu),” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat dihubungi, Senin (25/1/2021).

Dengan begitu, Listyo akan mendapat kenaikan pangkat dari jenderal bintang tiga menjadi jenderal bintang empat.

1. DPR setuju Listyo Sigit diangkat jadi kapolri

Presiden Jokowi Akan Lantik Listyo Sigit Jadi Kapolri Rabu 27 JanuariKabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani dalam suratnya menyebutkan, rapat paripurna pada Kamis (21/1/2021) telah menyetujui laporan Komisi III untuk mengangkat Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri. Sigit akan menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang segera memasuki masa pensiun. 

Sementara pada surat lainnya, Puan juga menyebutkan, DPR menyetujui nama-nama calon anggota Dewas LPI dari unsur profesional yaitu Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.

Baca Juga: Profil Komjen Listyo Sigit, Kapolri Pilihan Jokowi yang Disetujui DPR

2. Setneg siapkan Keppres pengangkatan Listyo Sigit

Presiden Jokowi Akan Lantik Listyo Sigit Jadi Kapolri Rabu 27 JanuariKapolri Jenderal Pol Idham Aziz (kedua kanan) memberikan keterangan pers usai mengantar Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Berdasarkan persetujuan DPR tersebut, selanjutnya akan ditetapkan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai kapolri dan Keppres tentang Pengangkatan Dewas LPI yang keanggotaannya terdiri dari Menteri Keuangan, Menteri BUMN, dan unsur profesional.   

Pelantikan kapolri yang baru akan dilakukan sebelum masa tugas Idham Azis berakhir pada akhir Januari 2021.

3. DPR sahkan Komjen Listyo Sigit jadi kapolri

Presiden Jokowi Akan Lantik Listyo Sigit Jadi Kapolri Rabu 27 JanuariKabareskrim Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Sebelumnya, DPR melalui rapat paripurna mengesahkan Listyo Sigit sebagai kapolri. Keputusan tersebut sesuai dengan laporan Komisi III DPR terkait hasil uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri.

"Apakah laporan dari Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan terhadap calon kapolri tersebut dapat disetujui?" ujar Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin rapat paripurna ke-12 masa sidang III tahun sidang 2020-2021 yang disiarkan langsung YouTube DPR RI, Kamis (21/1/2021).

Pertanyaan tersebut pun dijawab setuju oleh seluruh peserta sidang paripurna. Pada rapat tersebut hadir 91 orang secara fisik, 204 orang melalui virtual, dan 47 orang izin. Sehingga, kuorum rapat telah tercapai.

Baca Juga: Setneg Siapkan Keppres, Listyo Sigit Segera Dilantik Jadi Kapolri

Topic:

  • Irfan Fathurohman
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya