Puan Maharani: Penyusunan Teknis Protokol Normal Baru Jangan Buru-buru

#Normalbaru, Puan minta pemerintah transparan soal data

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani turut mengomentari rencana pemerintah melaksanakan protokol tatanan normal baru atau new normal produktif dan aman COVID-19. Puan meminta agar rincian protokol tersebut dipastikan terlebih dahulu.

“Jangan sampai teknis protokolnya disiapkan secara terburu-buru, sehingga tidak matang dan malah memunculkan kebingungan baru di masyarakat,” ujar Puan lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (30/5).

Lalu apa yang perlu diperhatikan pemerintah dalam menyusun protokol normal baru?

Baca Juga: Pakar Epidemiologi UI: Depok Belum Siap Normal Baru, Perpanjang PSBB

1. Puan sebut protokol normal baru akan berbeda di setiap tempat

Puan Maharani: Penyusunan Teknis Protokol Normal Baru Jangan Buru-buruKetua DPP PDIP Puan Maharani usai rakor di markas PDIP Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sebab menurut Puan, protokol normal baru tentu akan berbeda-beda untuk setiap jenis kegiatan atau lokasi. Seperti protokol di pasar, pusat perbelanjaan, sekolah, tempat kerja, atau tempat umum lainnya yang akan memiliki variasi masing-masing.

“WHO sendiri telah menyusun beberapa pertimbangan bagi negara-negara sebelum menerapkan kehidupan normal baru. Seperti kemampuan untuk mengendalikan transmisi virus corona, kemudian kemampuan rumah sakit untuk menguji, mengisolasi serta menangani tiap kasus dan melacak tiap kontak,” ujar Puan.

2. Puan minta pemerintah transparan soal data COVID-19

Puan Maharani: Penyusunan Teknis Protokol Normal Baru Jangan Buru-buruDok. Biro Pers Kepresidenan

Politisi PDI Perjungan ini juga mengingatkan, agar kajian-kajian ilmiah sebelum penerapan normal baru harus dilakukan secara mendalam, sebagai acuan pengambilan kebijakan.

“Transparansi data menjadi penting, sebab pemerintah perlu menjelaskan kepada rakyat saat ini posisi Indonesia tepatnya ada di mana dalam kurva pandemik COVID-19, serta bagaimana prediksi perkembangannya ke depan. Sehingga rakyat mengetahui jelas mengapa disusun protokol kenormalan baru,” ujar Puan.

3. Puan imbau aparat dan masyarakat disiplin saat normal baru

Puan Maharani: Penyusunan Teknis Protokol Normal Baru Jangan Buru-buruBima Arya sidak ke Pasar Anyar (Instagram/@bimaryasugiarto)

Ia mengusulkan, di dalam protokol normal baru harus ada skenario dan simulasi apa yang harus segera dilakukan ketika gelombang kedua terjadi. Ia meminta harus benar-benar lengkap rincian antisipasi dan langkah-langkahnya. Termasuk pihak mana saja yang bertanggungjawab atas setiap tindakan.

“Semuanya nanti harus dilakukan secara disiplin. Baik dari aparat pemerintah yang mengawasi, maupun juga disiplin dari warga,” kata Puan.

Baca Juga: [Update] Kasus Virus Corona di Dunia Sudah 6 Juta, Amerika Tertinggi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya