Puan Maharani: Sudah Saatnya Produk Hukum Warisan Kolonial Digantikan

Sahkan Omnibus Law?

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pidatonya dalam Sidang Tahunan MPR RI mengingatkan, Indonesia adalah negara hukum. Karena itu, semangat "Indonesia Maju" juga perlu menjadi tujuan bersama dalam pembangunan hukum untuk memenuhi kebutuhan hukum nasional.

Menurut Puan, produk hukum yang dihasilkan harus mampu mendukung tujuan bernegara dan membawa Indonesia maju. Kebutuhan hukum akan selalu mengikuti perkembangan zaman dan produk hukum yang dihasilkan tetap harus selalu berlandaskan pada Pancasila sebagai landasan filosofi.

"UUD 1945 sebagai landasan yuridis, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bineka Tunggal Ika sebagai konsensus bersama, dan rasa keadilan dalam masyarakat sebagai landasan sosiologis," lanjut Puan, Jumat (14/8/2020).

“Sudah saatnya produk-produk hukum warisan zaman kolonial dapat digantikan oleh produk hukum Indonesia yang merdeka, yang tentu saja telah mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan nilai-nilai budaya, sosial, dan sosiologis Bangsa Indonesia,” sambung Puan.

Sidang Tahunan MPR RI yang digelar mulai Jumat (14/8/2020) pukul 09.00 WIB, dihadiri 161 anggota dewan, dari 170 anggota DPR yang hadir secara fisik. Sementara, sebanyak 274 anggota hadir secara virtual.

Menurut data DPR RI, undangan untuk kehadiran langsung hanya 310 tamu, dengan rincian 170 pimpinan, anggota, dan perangkat DPR.

DPD sebanyak 48 orang, termasuk pimpinan dan perwakilan daerah. Dari MPR dan sisanya adalah tamu undangan dari menteri dan pejabat lembaga lainnya.

Berbeda dengan sidang tahunan MPR sebelumnya, kali ini, presiden dan wakil presiden terdahulu hadir secara virtual.

Dalam sidang tersebut, hadir juga secara virtual Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden kelima RI Megawati Sukarnoputri, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, Wakil Presiden keenam RI Tri Sutrisno, Wakil Presiden kesembilan RI Hamzah Haz, dan Wakil Presiden ke-10 RI dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla.

Baca Juga: Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Kenakan Baju Adat Sabu

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya