Punya Anak Masih Kecil, Ricky Rizal Dituntut 8 Tahun Penjara

Hal meringankan karena Ricky masih muda dan tulang punggung

Jakarta, IDN Times - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Ricky Rizal Wibowo alias Bripka RR hanya delapan tahun penjara. Ricky Rizal dinilai jaksa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Menurut jaksa, Ricky Rizal terbukti ikut serta melakukan pembunuhan berencana bersama-sama empat terdakwa lain yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer atau Bharada E dan Kuat Ma'ruf. Ia pun akhirnya dituntut dengan Pasal 340 KUHP Juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Dalam pertimbangan Jaksa Penuntut Umum yang meringankan, Ricky dinilai masih berusia muda dan memiliki anak yang masih kecil.

“Hal meringankan, terdakwa berusia muda dan masih ada harapan untuk memperbaiki perilakunya, terdakwa sebagai tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah, terdakwa masih memiliki anak-anak yang masih kecil dan membutuhkan bimbingan seorang ayah,” kata jaksa dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (16/1/2023).

Selain itu, Jaksa juga memiliki pertimbangan yang memberatkan, antara lain perbuatan terdakwa mengakibatkan hilangnya nyawa Yosua duka mendalam bagi keluarga korban.

“Terdakwa berbelit-belit dan tidak mengakui perbuatannya dalam memberikan keterangan di persidangan, perbuatan terdakwa tidak sepantasnya dilakukan dalam kehidupannya sebagai aparatur penegak hukum,” ujarnya.

Dalam perkara ini, Jaksa menilai Ricky telah mengamankan senjata Yosua di Magelang setelah adanya keributan antara Kuat dengan Yosua pada Kamis, 7 Juli 2022.

Ricky kemudian membujuk Yosua agar mau berbicara dengan Putri di kamar lantai dua rumah Magelang. Awalnya Yosua menolak, namun akhirnya ia menghampiri Putri diantar Ricky.

Ricky juga mengetahui rencana pembunuhan terhadap Yosua. Namun, dia hanya menolak perintah penembakan dan tidak memberitahu Yosua atas rencana itu.

Ia juga disebut tidak mengembalikan senjata Yosua hingga tiba di rumah dinas Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat, 8 Juli 2022. Sesampainya di Duren Tiga, Ricky turut mengawasi keberadaan Yosua di taman agar tidak berpindah tempat.

Baca Juga: Petunjuk Keterlibatan Ricky Rizal: Ke Jakarta Tanpa Anak Ferdy Sambo

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya