Rakornas PDIP Bahas Ancaman Gugatan Berkarya

PDIP pertanyakan status Amien Rais sebagai 'Bapak Reformasi'

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan (PDIP) hari ini menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) Pemilu 2019. Rakornas dalam rangka konsolidasi kemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di pilpres dan kemenangan PDIP di pileg.

“PDIP terus melakukan langkah konsolidasi untuk memastikan jalan kemenangan bagi Pak Jokowi dan Kyai Ma'ruf Amin dan juga sekaligus untuk memenangkan PDIP,” kata Hasto  di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/12).

Dalam rapat yang diselenggarakan tertutup itu, Hasto mengatakan materi yang akan dibahas salah satunya adalah dinamika politik saat ini, lalu seperti apa materi yang akan dibahas?

1. PDIP bahas gugatan Partai Berkarya soal ‘Soeharto guru korupsi Indonesia’

Rakornas PDIP Bahas Ancaman Gugatan BerkaryaIDN Times/Irfan Fathurohman

Salah satu yang akan dibahas serius kata Hasto, adalah soal gugatana Partai Berkatya soal pernyataan politikus PDIP Ahmad Basarah yang menyebut Presiden Soeharto sebagai ‘guru korupsi Indonesia’.

“Ya materinya tentu saja dinamika politik saat ini, pemetaan politik saat ini, dan juga gugatan yang dilakukan Berkarya terhadap Pak Ahmad Basarah juga kami tanggapi secara serius karena ini sekaligus menjadi momentum untuk memastikan bahwa seluruh semangat reformasi untuk membentuk pemerintahan yang bersih dari KKN itu betul-berul dijalankan dan itu salah satunya dimulai dari caleg,” ucap Hasto.

Baca Juga: Prabowo-Sandiaga Klaim Raih Suara Dukungan 50 Persen di Kantong PDIP

2. Hasto sindir banyak caleg Partai Gerindra yang korupsi

Rakornas PDIP Bahas Ancaman Gugatan BerkaryaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Hasto yang memakai seragam PDIP berwarna merah itu juga sindir Partai Gerindra yang menurutnya banyak caleg dari partai yang didirikan oleh Calon Presiden Prabowo Subianto melakukan tindak korupsi.

“Jadi, kalau ada partai seperti Pak Prabowo dan Gerindra itu, banyak caleg yang terlibat korupsi, artinya dia tidak komitmen pada spirit reformasi. Kalau PDIP tidak ada. Berarti kami komitmen pada semangat reformasi itu,” tutur Hasto.

3. PDIP pertanyakan status ‘Bapak Reformasi’ yang disematkan ke Amien Rais

Rakornas PDIP Bahas Ancaman Gugatan BerkaryaIDN Times/Vanny El Rahman

Lebih lanjut, Hasto juga mempertanyakan status ‘Bapak Reformasi’ Amien Rais. Menurutnya  Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN) itu seharusnya mengakui jika Soeharto adalah simbol korupsi.

“Saya pikir Pak Amien Rais kalau beliau mau menggunakan hati nurani dan pikiran yang jernih melihat Pak Harto sebagai simbol dari korupsi yang terjadi dengan menggunakan berbagai peraturan perundang-undangan. Kalau beliau mau menggunakan hati nurani dan pikirannya, tentu saja akan berpihak pada Pak Ahmad Basarah. Kecuali sudah berubah, kecuali masih mendukung nepotisme,” sindir Hasto.

4. Hasto sindir pernyataan Prabowo soal korupsi di Indonesia stadium empat

Rakornas PDIP Bahas Ancaman Gugatan BerkaryaIDN Times/Irfan Fathurohman

Hasto juga mengatakan jika gugatan Barkarya kepada kadernya merupakan sebuah momentum. Dengan begitu, maka menurut Hasto kasus penyalahgunaan tempo dulu akan dibuka kembali.

“Bahkan para pemimpin-pemimpin yang terkait dengan penyelahgunaan kekuasaan saat itu pun (rezim Soeharto), saatnya kino membuka harta kekayaannya dari mana asalnya. Pak Prabowo berapa triliun kekayaannya itu dari mana asalnya? Nah, ini menjadi momentum dengan gugatan dari Partai Berkarya itu,” Hasto menandaskan.

5. PDIP benarkan respons Ahmad Basarah

Rakornas PDIP Bahas Ancaman Gugatan BerkaryaIDN Times/Irfan Fathurohman

Pada intinya, PDIP membenarkan respons elite partainya soal Soeharto, karena hal itu dilakukan dalam konteks merespons kata Prabowo yang menyebut korupsi di Indonesia stadium empat.

“Padahal, Pak Ahmad Basarah merespons apa yang disampaikan oleh Keluarga Pak Harto, apa yang disampaikan Pak Prabowo, bahwa korupsi kita masuk stadium empat. Sementara Pak Prabowo sendiri gak mampu membereskan kader-kadernya yang ada di caleg-caleg Gerindra,” pungkas Hasto.

Baca Juga: PDIP Gelar Safari Politik untuk Menangkan Jokowi-Ma'ruf Amin

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya