Comscore Tracker

Ratusan Bus Relawan Jokowi Parkir Mengular dari Pancoran hingga GBK

Jalur TransJakarta di Gatot Subroto jadi tempat parkiran

Jakarta, IDN Times - Ratusan bus relawan Joko “Jokowi” Widodo yang tergabung dalam Gerakan Nusantara Bersatu parkir mengular dari Tugu Pancoran hingga Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/11/2022).

Pantauan IDN Times, bus yang terdiri dari bus pariwisata dan antarkota terparkir sejak pagi hari hingga pukul 11.00 WIB. Bahkan, jalur TransJakarta yang ada di Kawasan Gatot Subroto sebagian ikut diokupasi untuk menjadi tempat parkir bus tersebut.

Adapun agenda relawan Gerakan Nusantara Bersatu adalah mendengarkan arahan Jokowi untuk 2024.

Lalu seperti apa arahan Presiden?

Baca Juga: Jokowi ke Relawan: Pilih Presiden yang Ngerti Rakyat

1. Jokowi imbau relawan pilih Presiden yang ngerti rakyat

Ratusan Bus Relawan Jokowi Parkir Mengular dari Pancoran hingga GBKRatusan bus relawan Joko “Jokowi” Widodo yang tergabung dalam Gerakan Nusantara Bersatu parkir mengular dari Tugu Pancoran hingga Gelora Bung Karno (GBK) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jokowi memberikan arahan kepada relawan Gerakan Nusantara Bersatu agar memilih Presiden pada 2024 yang mengerti rakyat. Hal itu ia sampaikan di depan 150 ribu relawan yang hadir.

Pemimpin yang mengerti rakyat, kata Jokowi, terlihat dari penampilan hingga kerutan wajah.

“Pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua,” kata Jokowi.

Baca Juga: Saat Jokowi Sebut Pemimpin Mikirin Rakyat dengan Ciri-Ciri Ini!

2. Jokowi imbau relawan berhati-hati pilih Presiden 2024

Ratusan Bus Relawan Jokowi Parkir Mengular dari Pancoran hingga GBKPresiden Jokowi di acara relawan Nusantara Bersatu di GBK. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jokowi mengimbau, jangan hanya karena kepentingan sesaat atau jangka pendek kemudian para relawan lupa menjaga keberlanjutan dan keberhasilan pembangunan yang telah dibuat.

Pembangunan infrastruktur, kata Jokowi, harus dilanjutkan Presiden selanjutnya untuk kepentingan rakyat.

“Hati-hati memilih pemimpin! Pilih pemimpin yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat. Nanti 2024 pilih pemimpin yang ngerti tentang apa yang dirasakan rakyat,” ujar dia.

Baca Juga: Jokowi: Pemimpin yang Mikirin Rakyat Rambutnya Putih Semua

3. Presiden selanjutnya harus menyadari keberagaman Indonesia

Ratusan Bus Relawan Jokowi Parkir Mengular dari Pancoran hingga GBKRibuan relawan Nusantara Bersatu berkumpul di GBK untuk memdengarkan arahan Jokowi (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Presiden pun memberikan kisi-kisi untuk relawan dalam memilih Presiden setelahnya, yaitu yang tahu keinginan dan kebutuhan rakyat. Sosok Presiden yang baik, menurutnya adalah mereka yang rajin turun ke masyarakat.

“Jangan sampai kita memilih pemimpin yang senang duduk di Istana yang AC-nya sangat dingin. Ini negara besar, jangan hanya duduk manis di Istana Presiden. Saya ingatkan, carilah pemimpin yang seneng dan mau turun ke bawah, yang mau merasakan keringatnya rakyat,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Indonesia adalah negara besar dengan potensi sumber daya alam berlimpah. Indonesia juga memiliki keberagaman.

Oleh karena itu, menurut Jokowi, perlu pemimpin dengan prinsip kepentingan rakyat yang besar serta bisa menyatukan keberagaman Indonesia.

“Pemimpinnya seperti apa? Memimpin Indonesia harus menyadari mengenai keberagaman Indonesia,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Rahasia Kesuksesan G20 Bali hingga Hasilkan Deklarasi

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya