Relawan Jokowi Ada 700 Kelompok, Timses Prabowo-Sandi Tidak Gentar

Kubu Prabowo-Sandi mengklaim punya 400 kelompok

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko 'Jokowi' Widodo-Ma’ruf Amin mengatakan saat ini relawan yang terhimpun berjumlah 700 kelompok. 

Namun, dari jumlah yang begitu besar itu tidak membuat kelompok pasangan Prabowo Subinto-Sandiaga Uno merasa gentar. Bagaimana tanggapan dari Koalisi Indonesia Adil Makmur?

Baca Juga: Tulis Pesan Sumpah Pemuda di Secarik Kertas, Prabowo Dipuji Warganet

1. Relawan adalah bentuk partisipasi publik terhadap Pemilu 2019

Relawan Jokowi Ada 700 Kelompok, Timses Prabowo-Sandi Tidak GentarIDN Times/Irfan Fathurochman

Wakil Ketua Badan Pemenangan (BPN) Prabowo-Sandi, Mardani Ali Sera menanggapi banyaknya relawan yang dibentuk di kubu petahana. Menurut dia, masyarakat mempunyai hak membentuk kelompok relawan, sebagai partisipasi publik terhadap Pemilu 2019.

"Itu bagus, semua relawan punya hak gabung dengan siapa pun. Kian banyak relawan bergabung membuat hubungan atau partisipasi publik mengalami peningkatan," kata Mardani saat dihubungi IDN Times (28/10).

2. Relawan Prabowo-Sandi memiliki 400 kelompok yang terdaftar

Relawan Jokowi Ada 700 Kelompok, Timses Prabowo-Sandi Tidak GentarIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Mardani, relawan Prabowo-Sandi saat ini sudah berkembang seiring dengan kampanye dari kedua pasangan yang membuat harapan baru di masyarakat. Dia juga menuturkan sekarang ini total relawan yang terdaftar sudah mencapai sekitar 400 kelompok.

"Hasil verifikasi ketat angkanya sudah mendekati 400 kelompok relawan dan 170 satgas. Satgas itu adalah relawan dengan badan hukum, dan semuanya hidup,” ujar Ketua DPP PKS itu.

3. Sandiaga tak gentar dengan jumlah relawan di kubu petahana

Relawan Jokowi Ada 700 Kelompok, Timses Prabowo-Sandi Tidak GentarDok. IDN Times/Istimewa

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno juga mengaku tidak gentar dengan jumlah relawan yang sudah dihimpun di kubu petahana. Menurut dia jumlah relawan tidak esensial, karena sejatinya bagaimana bisa membawa perubahan kepada rakyat.

"Alhamdulillah rakyat bersama kita, kita tidak mau banyak-banyakan jumlah relawan. Tapi kita ingin kampanye yang solid dan mengusung ekonomi yang membuka lapangan pekerjaan, ekonomi yang penyampaian nya bisa disajikan kepada masyarakat," kata Sandi di Sekretariat Nasional, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (28/10).

Saling klaim dukungan jelang pemilu itu biasa. Kita lihat saja nanti hasilnya di Pilpres 2019, ya guys.

Baca Juga: Jokowi Singgung Politik Sontoloyo di Depan Kader Nasdem

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya