Ridwan Kamil di Pelantikan Jokowi: Mekarkan Daerah Jawa Barat

Ridwan Kamil sebut kekuasaan sama saja

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan ‘wallahualam’ saat ditanya perihal kabinet Joko ‘Jokowi’ Widodo. Dia mengaku tidak ada komunikasi dengan Presiden periode 2019-2024 soal kabinet.

“Gak (komunikasi dengan Jokowi). Saya kira kekuasaan itu sama aja. Apa bedanya menteri, gubernur, kan sama-sama ngurus rakyat. Cuma beda judul aja, kan gitu ya,” kata pemilik nama akrab Kang Emil di Kompleks Parlemen DPR RI, Minggu (20/10).

Terkait pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin, Minggu siang ini, Gubernur Jawa Barat ini memiliki harapan besar terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

“Catatan saya, sosial politik banyak gejolak di periode pertama, mungkin bisa disempurnakan dan diperbaiki dengan cara-cara baru,” ucap Kang Emil.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Bandung itu punya dua permintaan ke Jokowi-Ma’ruf. Ia minta Jawa Barat dimekarkan karena jumlah penduduk yang membeludak.

“Kalau boleh daerah tingkat II-nya dimekarkan. Penduduknya terlalu banyak hampir 50 juta, kurang keurus secara daerah yang cuma 27. Jawa Timur aja penduduk 40 (juta), daerahnya 38. Makannya suka ada dinamika Bekasi pengen ini, Bogor pengen itu, sebenarnya karena wilayahnya terlalu luas. Harapannya mudah-mudahan Pak Jokowi bisa mengakomodir,” kata Ridwan Kamil.

https://www.youtube.com/embed/fxUV5VWpkBI

Baca Juga: Menjelang Pelantikan Jokowi, Pelabuhan Tanjung Priok Dijaga Ketat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya