Comscore Tracker

Risma Perketat Penyaluran Bansos Sembako Mulai Februari 2021

Masyarakat bisa melapor jika bansos tak sesuai

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pemerintah akan memperketat laporan penyaluran bantuan sosial (bansos) berbentuk sembako untuk mencegah penyelewengan.

Sistem ini akan berlaku mulai Februari 2021. Dengan begitu, masyarakat bisa melapor jika bansos tidak sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

“Ada mekanisme pelaporan lebih detail sehingga kami harap tidak ada penyelewengan bantuan,” kata Rismaharini saat jumpa pers setelah Rapat Terbatas di Istana, Selasa (29/12/2020).

1. Bantuan sembako akan disalurkan ke 18,8 juta penerima

Risma Perketat Penyaluran Bansos Sembako Mulai Februari 2021Ilustrasi bantuan sosial. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Bantuan sembako pada 2021 akan diberikan kepada 18,8 juta keluarga penerima. Total nilai sembako yang diterima per bulan Rp200 ribu.

Bansos sembako ini akan disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek melalui PT POS ke rumah penerima manfaat.

“Penerima program sembako tahun ini adalah 18,8 juta penerima dan Rp200 ribu per bulan akan diberikan mulai Januari - Desember,” ujar Risma.

Baca Juga: Blusukan ala Mensos Risma hingga Isu Tempat Penyiksaan 6 Laskar FPI

2. Pemerintah akan menyalurkan bansos tunai sebesar Rp300 ribu

Risma Perketat Penyaluran Bansos Sembako Mulai Februari 2021Ilustrasi dompet dan keuangan (IDN Times/Dwi Agustiar)

Selain bansos sembako, pemerintah juga akan menyalurkan bansos tunai (BST) Rp300 ribu mulai Januari 2021. BST akan disalurkan melalui PT POS langsung ke rumah penerima.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengimbau penerima BST tidak boleh menggunakan uang untuk membeli rokok. Risma memastikan pihaknya telah menyiapkan perangkat untuk mengetahui penggunaan uang BST tersebut.

“Kami akan pantau, Insyaallah Februari kita menyiapkan alat untuk kami mengetahui dengan uang itu dibelanjakan dengan apa saja,” ujar Risma.

3. Penyaluran bansos ditargetkan rampung pada pekan pertama Januari

Risma Perketat Penyaluran Bansos Sembako Mulai Februari 2021Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan teknis bantuan sosial 2021 (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Risma menegaskan program bansos 2021 harus disalurkan kepada penerima bantuan pada pekan pertama Januari 2021. Dia menyatakan data calon penerima sudah hampir final, kini data tinggal dikembalikan ke Pemerintah Daerah (Pemda) masing-masing untuk difinalisasi.

Risma meminta Pemda mengembalikan data kepada Pemerintah Pusat selambatnya pada 1 Januari 2021.

“Itu (data) harus kembali ke pemerintah pusat tanggal 1 Januari. Kita gak ada libur karena saya ingin sampaikan sesuai instruksi Pak Presiden bahwa minggu pertama Januari bantuan ini sudah bisa diberikan penerima manfaat bantuan,” ujarnya.

Baca Juga: Blusukan ala Mensos Risma hingga Isu Tempat Penyiksaan 6 Laskar FPI

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya