Comscore Tracker

Rizieq Shihab Dipastikan Sehat oleh Tim Medis saat Keluarga Berkunjung

Kondisi Rizieq sempat dikabarkan mengkhawatirkan

Jakarta, IDN Times - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono memastikan kondisi tersangka kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan Rizieq Shihab dalam keadaan sehat. Hal itu dipastikan usai adanya pemeriksaan kesehatan saat menerima kunjungan keluarga.

"Update kondisi terakhir MRS sedang menerima kunjungan keluarga. Sehat walafiat," kata Argo kepada wartawan, Senin, (25/1/2021).

Argo menjelaskan, tim dokter Polri melakukan pengecekan kesehatan terhadap Rizieq pada pukul 10 pagi tadi. Hasilnya, tidak ada yang dikhawatirkan kesehatan dan kondisi Rizieq baik-baik saja.

“Tensi, suhu, saturasi O2 semua normal," katanya.

1. Rizieq dikabarkan mengalami sesak napas sejak Desember

Rizieq Shihab Dipastikan Sehat oleh Tim Medis saat Keluarga BerkunjungHabib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Pengacara Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menyampaikan bahwa kondisi Rizieq yang kurang sehat sudah terjadi sejak Desember lalu. Sampai saat ini, menurutnya, kondisi kesehatannya masih belum benar-benar pulih.

"Sebenarnya sejak masuk tahanan Desember tahun lalu itu beliau belum pulih benar. Di RS juga diteror, sehingga kambuh sakit di lambung beliau dan sering sesak napas," ujar Aziz kepada IDN Times.

Baca Juga: Pengacara: Rizieq Shihab Sering Sesak Napas di dalam Tahanan

2. Rizieq mendapatkan perawatan dokter Mabes Polri

Rizieq Shihab Dipastikan Sehat oleh Tim Medis saat Keluarga BerkunjungRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Azis tak menampik Rizieq tetap mendapat perhatian dari Polri dan tim dokternya. Dia pun berharap kondisi Rizieq bisa cepat pulih.

"Polri sangat baik dalam menangani terkait kesehatan beliau, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih," tutur dia.

3. Kondisi Rizieq sempat mengkhawatirkan

Rizieq Shihab Dipastikan Sehat oleh Tim Medis saat Keluarga BerkunjungRizieq Shihab (Twitter.com/DPPFPI_ID)

Diberitakan sebelumnya, Rizieq Shihab dipindahkan ke rumah tahanan (Rutan) Bareskrim Polri sejak Kamis, 14 Januari 2021. Azis ungkap, kondisi mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu mengkhawatirkan.

"Sakit masih, malah tambah mengkhawatirkan. Sering masih sesak napas," ungkap dia.

Azis mengatakan, kesehatan kliennya itu rutin diperiksa dokter. Berdasarkan hasil pemeriksaan hari ini, Rizieq dinyatakan sakit. Hal itulah yang membuat dirinya khawatir. Kendati, dia tetap berterima kasih kepada Bareskrim Polri karena tetap profesional dalam menangani Rizieq.

"Akan tetapi menurut hemat kami jika ada kebijakan berdasarkan kemanusiaan dan kesehatan lain, insya Allah akan jauh lebih baik dalam mempercepat kesembuhan HRS (Rizieq Shihab) sebelum dikhawatirkan makin memburuk," ujar dia.

4. Rizieq didampingi dokter dari MER-C

Rizieq Shihab Dipastikan Sehat oleh Tim Medis saat Keluarga BerkunjungRizieq Shihab (Twitter.com/DPPFPI_ID)

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kondisi Rizieq Shihab di rumah tahanan Polda Metro Jaya semakin membaik. Pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu sebelumnya mengalami sakit asam lambung pada 31 Desember 2020 malam.

“Sehat itu dia sekarang, baru dicek lagi sama tim kesehatan dia dan sama kita. Dia punya (saturasi) oksigen 98 persen,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat (8/1/2021).

Yusri menjelaskan, selama sakit hingga saat ini, Rizieq terus didampingi dokter jaga di Polda dan dokter dari lembaga Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

“Tim kesehatan kita itu nempel terus. Bahkan dia meminta didampingi dari tim MER-C, sama-sama kita,” ujar Yusri.

Yusri juga menyebutkan, saat ini pihaknya sudah menyediakan oksigen di sel Rizieq Shihab. Penyediaan tabung itu merupakan permintaan langsung dia setelah menolak oksigen yang diberikan Polda.

Baca Juga: Rizieq Shihab Ditahan di Bareskrim, Kondisinya Disebut Mengkhawatirkan

Topic:

  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya