Comscore Tracker

Rizieq Shihab Disebut Sempat Hampir Pingsan karena Asam Lambung

Rizieq menolak oksigen dokter jaga

Jakarta, IDN Times - Mantan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dikabarkan sedang mengalami sakit asam lambung yang menyebabkan dirinya hampir pingsan di dalam rumah tahanan Polda Metro Jaya.

“Iya sempat pingsan karena sesak napas,” kata Pengacara Rizieq, Sugito Atmo Prawiro kepada IDN Times, Jumat (8/1/2021).

1. Rizieq menolak oksigen rutan

Rizieq Shihab Disebut Sempat Hampir Pingsan karena Asam LambungRizieq Shihab (tengah) menyapa ribuan jamaah di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Sugito menjelaskan, kejadian itu terjadi pada 31 Desember pada malam hari menjelang pergantian tahun. Rizieq mengalami sesak napas dan sempat meminta pertolongan ke petugas. Namun Rizieq menolak untuk dipasang oksigen rutan.

“Beliau keberatan memakai oksigen rutan, akhirnya kita bawakan dari Petamburan,” kata Sugito.

Baca Juga: Rizieq Shihab Tidak Hadir dalam Sidang Praperadilan Hari Ini

2. Kondisi Rizieq sudah membaik

Rizieq Shihab Disebut Sempat Hampir Pingsan karena Asam LambungPendiri Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Namun begitu, saat ini kondisi Rizieq kata Sugito telah membaik. Pihak keluarga masih berjaga-jaga dengan menaruh oksigen di rutan Polda.

“Sekarang sudah mulai membaik, tapi tabung oksigen masih stand by,” ujarnya.

Sugito juga mengeluhkan bahwa birokrasi di dalam Rutan Polda Metro Jaya sangat berbelit-belit bagi Rizieq. Atas dasar itu, Sugito pun mengajukan keberatan kepada pihak Polda Metro Jaya atas kondisi yang dialami kliennya. Dia juga meminta pembantaran sampai kondisi Rizieq pulih.

“Kalau soal penyakit, gak usahlah pakai birokrasi, masalahnya nyawa. Kemanusiaan,” ujar dia.

3. Polda Metro Jaya membenarkan Rizieq sempat hampir pingsan dan menolak oksigen

Rizieq Shihab Disebut Sempat Hampir Pingsan karena Asam LambungRizieq Shihab datang ke Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020) (IDN Times/Sandy)

Sementara itu, Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya AKBP Rahmat, mengkonfirmasi kabar tersebut.

"Pada saat malam tahun baru anggota kan kontrol tuh, dia (Habib Rizieq) bilang enggak enak badan terus panggilin dokter. Dokter kita kan ada stand by," kata Rahmat saat dikonfirmasi.

Rizieq juga mengaku bahwa dirinya sesak nafas saat itu. Kemudian, Rizieq juga mengaku bahwa dirinya memiliki riwayat penyakit jantung. Rahmat kemudian menyiapkan tabung oksigen namun, Rizieq menolaknya dengan alasan ingin tabung oksigen yang berasal dari rumahnya.

"Sama dokter dilihat, dikasih oksigen, dia enggak mau. Dia mintalah oksigen dari rumah," ucap Rahmat.

Baca Juga: Sidang Praperadilan Rizieq Shihab, Kuasa Hukum Minta Klien Dibebaskan

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya