Sahur On The Road Dilarang, Mending di Rumah Saja

Harmoni-Senayan ditutup mulai malam hingga pagi

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menegaskan kegiatan Sahur On the Road akan dilarang selama ramadan 2021. Kebijakan ini diambil demi menekan angka kasus penyebaran COVID-19 dan mengantisipasi kerumunan.

"Untuk menghindari penyebaran tersebut kebijakan yang dikeluarkan adalah tidak diperbolehkannya SOTR untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Menhub: Jika Tak Dilarang, 81 Juta Masyarakat Indonesia akan Mudik

1. Harmoni-Senayan ditutup mulai malam hingga pagi

Sahur On The Road Dilarang, Mending di Rumah SajaIDN Times/Sunariyah

Yusri menjelaskan, Polda Metro Jaya akan menggelar operasi bertajuk kemanusiaan yang dimulai pada 12 April 2021 mendatang. Kemudian, menempatkan sejumlah personel di beberapa kawasan rawan timbulnya kerumunan.

Anggota Ditlantas Polda Metro Jaya pun bakal dikerahkan untuk menertibkan pengendara yang nekat melakukan SOTR di Depok, Kota dan Kabupaten Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang Kota, serta DKI Jakarta.

"Nah, makanya dari Senayan sampai Harmoni mulai malam (23.00 WIB) sampai pagi (05.00 WIB) kami tutup, filterisasi," kata Yusri.

2. 120 personel gabungan akan dikerahkan antisipasi adanya SOTR

Sahur On The Road Dilarang, Mending di Rumah SajaSebanyak 120 ribu personel gabungan disiapkan untuk melakukan pengamanan selama Natal dan Tahun Baru 2020 (IDN Times/Prayugo Utomo)

Polda Metro akan mengerahkan 120 personel gabungan TNI-Polri. Filterisasi ini nantinya akan menutup perempatan jalan yang biasa dijadikan tempat berkumpul saat SOTR.

Patroli skala besar juga akan digelar bersama TNI, Kodam Jaya, Pemda, Dishub, dan Satpol PP. Yusri memastikan akan melakukan pembubaran jika ada SOTR.

"Kami bubarkan, caranya persuasif dan humanis. kalau dibubarkan diperingatkan tidak bisa, baru namanya penindakan hukum protokol kesehatan yang kami lakukan. Makanya, ini sebagai sosialisasi menghadapi puasa. Kami tegaskan lagi, bahwa sahur on the road tidak ada, sebaiknya di rumah saja," ujar Yusri.

3. Polda Metro sudah menyiapkan teknis penyekatan larangan mudik

Sahur On The Road Dilarang, Mending di Rumah SajaIlustrasi Moda Transportasi untuk Mudik. (IDN Times/Mardya Shakti)

Mengenai penyekatan jalan dalam rangka larangan mudik Lebaran 2021, Yusri mengaku masih menunggu kebijakan pemerintah untuk bekerja sama dengan Dishub untuk mengamankan titik-titik gerbang jalur mudik.

"Tetapi, sudah kami siapkan rencana pengamanannya. Seperti apa, kan sudah tahu ada penyekatan, ada aturan yang diberlakukan, di mana titik penyekatan, mulai dari tol kemudian arteri, jalan-jalan lain, sama seperti tahun lalu," terang Yusri

Baca Juga: Polisi Akan Paksa Pengendara yang Nekat Mudik untuk Putar Balik

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya