Saling Tagih Janji Kampanye, Sandi: Demokrat dapat Kursi Banyak di DPR

Gerindra tagih janji Demokrat kampanye bareng Prabowo-Sandi

Jakarta, IDN Times - Polemik tagih-menagih janji terkait kampanye Pilpres 2019 antara Gerindra dan Demokrat masih berlangsung. Sebelumnya Partai Gerindra menagih janji elite Demokrat untuk kampanye bareng capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Namun ternyata Partai Demokrat lewat Komando Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) balik menagih janji Sandi kepada Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Demokrat sendiri memastikan, SBY dan AHY akan mengkampanyekan Prabowo-Sandi Maret 2019. Hal ini diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Rachland Nasidik, Senin (19/11).  

Lalu janji apa Prabowo-Sandi kepada Demokrat? 

Baca Juga: Demokrat: SBY dan AHY Kampanyekan Prabowo-Sandi Maret 2019

1. Prabowo-Sandi janjikan kursi di DPR

Saling Tagih Janji Kampanye, Sandi: Demokrat dapat Kursi Banyak di DPRANTARA / Imam Budilaksono

Dalam pertemuan Prabowo-Sandi dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediaman SBY, Mega Kuningan, Jakarta Selatan pada 12 September 2018 lalu, Sandi mengaku telah menjanjikan keuntungan bagi Demokrat.

“Bukan hanya Gerindra yang mendapat keuntungan. Tapi juga partai lain PAN, PKS, Demokrat, juga Berkarya. Sama-sama mendapatkan kursi yang baik dan banyak di DPR,” kata Sandi di Grand Galaxy Convention Hall (JEE Ballroom Group), Grand Galaxy Park Mall, Jalan Boulevard Raya No.1, Jaka Setia, Bekasi Selatan (15/11).

2. Demokrat berjanji kampanye bareng Prabowo-Sandi

Saling Tagih Janji Kampanye, Sandi: Demokrat dapat Kursi Banyak di DPRIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara Demokrat, kata Sandi, telah sepakat untuk kampanye bersama Prabowo-Sandi. Namun kenyataannya tidak terealisasikan sampai hari ini.

“Saya hadir dalam pertemuan antara SBY, AHY, dan Prabowo, bahwa kita berjanji kampanye sama-sama membesarkan, jadi kita ingin Demokrat juga besar. Sedang kita formulasikan itu,” paparnya.

3. Sandi tegaskan hubungannya dengan Demokrat baik

Saling Tagih Janji Kampanye, Sandi: Demokrat dapat Kursi Banyak di DPRIDN Times/Yogie Fadila

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, hubungannya dengan Demokrat berjalan baik. Komunikasi dengan Demokrat juga terus berlanjut.

“Hubungan kita baik. Kemarin Pak SBY dan jajarannya sibuk menyiapkan tanggal 10-11 November, ke depan kita menyusul jadwalnya,” pungkasnya.

4. Demokrat kampanyekan Prabowo-Sandi dengan cara tertentu

Saling Tagih Janji Kampanye, Sandi: Demokrat dapat Kursi Banyak di DPRIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, kader Demokrat mengkampanyekan pasangan Prabowo-Sandi dengan cara tertentu, yaitu datang ke suatu tempat dan menanyakan pilihan masyarakat di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. 

"Karena ada daerah yang mayoritas mendukung Jokowi, ada yang mayoritas memilih Prabowo dan ada juga pilihannya berimbang," jelas Ferdinand. 

 

Baca Juga: Sentilan Pedas Demokrat untuk Prabowo-Sandiaga: Jangan Banyak Janji

Topik:

  • Rochmanudin
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya