Comscore Tracker

Sandiaga Didukung Masuk Bursa Calon Ketum PPP, Begini Reaksi Gerindra

Konsep ekonomi umat jadi daya tarik Sandiaga Uno

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno disebut-sebut masuk bursa bakal calon Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ketua DPW PPP Provinsi Jawa Tengah Masruhan Samsurie menilai, Sandiaga mempunyai reputasi yang bagus di kalangan umat Muslim.

“Bagi saya itu hal wajar saja kalau nama Sandiaga dilirik oleh sebagian orang di PPP, karena kita tahu punya reputasi bagus, di samping dalam 'punya perhatian' di kalangan umat, itu terbukti pada agenda atau pilihan presiden kemarin, itu wajar," ujar Masruhan dikutip dari ANTARA, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga: Ups! Ada Nama Sandiaga Uno di Tim Pemenangan Menantu Jokowi

1. Konsep ekonomi umat jadi daya tarik pada Sandiaga

Sandiaga Didukung Masuk Bursa Calon Ketum PPP, Begini Reaksi GerindraIDN Times/Reynaldy Wiranata

Namun demikian, Masruhan mengakui, Sandiaga memang bukan dari organisasi keagamaan, namun konsep memajukan perekonomian umat Islam dinilai sudah baik.

“Saat Pilpres punya konsep bagus soal ekonomi umat, itu daya tarik, jadi kami punya asumsi Sandiaga punya kepedulian pada umat, khususnya pada kapasitas dia sebagai pengusaha," ujar anggota Komisi A DPRD Provinsi Jateng itu.

2. Khofifah Indar Parawansa juga masuk bursa calon ketua umum PPP

Sandiaga Didukung Masuk Bursa Calon Ketum PPP, Begini Reaksi GerindraGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau beras hasil tanam petani. Dok. Humas Pemprov Jatim

Nama-nama lain yang juga diusulkan maju dalam pemilihan calon ketua umum PPP seperti Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, kader senior PPP Ahmad Muqowam, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhamad Mardiono, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Masruhan berharap sosok ketua umum PPP selanjutnya harus mempunyai kepedulian yang bisa meningkatkan etos kerja partai, dan jika sosok itu terkenal atau memiliki reputasi sebelumnya, maka itu hanya sebagai penunjang.

"Pertama orang yang punya kepedulian dan terbukti untuk meningkatkan etos kerja PPP, bisa tingkatkan kinerja partai, itu yang ideal. Ditunjang, ini hanya penunjang, orangnya populer atau punya reputasi, itu nomor dua atau tiga," katanya.

3. Gus Yasin hingga Arwani Thomafi juga masuk dalam bursa

Sandiaga Didukung Masuk Bursa Calon Ketum PPP, Begini Reaksi GerindraSekjen PPP Arsul Sani (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Masruhan mengungkapkan nama-nama politikus PPP dari Provinsi Jateng juga banyak yang disebut-sebut turut meramaikan kandidat ketua umum PPP periode selanjutnya.

"Ada Gus Yasin (Taj Yasin Maimoen) wajar kan Wagub Jateng, ada Pak Arsul Sani, kan itu orang Pekalongan. Ada lagi Pak Arwani Thomafi, itu asli Lasem Rembang, itu cukup punya nama karena punya hubungan baik dengan DPC, sekarang wakil ketua umum," ujar dia.

4. Gerindra yakin Sandiaga tak akan beranjak

Sandiaga Didukung Masuk Bursa Calon Ketum PPP, Begini Reaksi GerindraJuru Bicara Sandiaga Uno, Kawendra Lukistian (Dok. Pribadi/Kawendra Lukistian)

Sementara, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Kawendra Lukistian mengatakan, Sandiaga Uno tak akan beranjak dari partai besutan Prabowo Subianto itu. Sebab, Sandiaga menurutnya adalah sosok kebanggaan Gerindra.

“Selama saya kenal beliau sejak 13 tahun lalu, beliau orang yang loyal dalam berjuang, bukan orang yang pendiriannya mudah goyang. Insyaallah saya sangat meyakini beliau berkomitmen untuk sama-sama semakin membesarkan Gerindra ke depannya,” kata Kawendra kepada IDN Times, Selasa (27/10/2020).

Perlu diketahui bahwa PPP akan menggelar muktamar pada Desember 2020 untuk memilih ketua umum baru. Sederet nama pun mulai digadang-gadang maju sebagai kandidat, di antaranya Suharso Monoarfa yang kini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Baca Juga: Suharso Deklarasikan Siap Maju Jadi Calon Ketua Umum PPP Definitif

Topic:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya