Sandiaga Uno: BUMN Harus Netral

Sandiaga Uno singgung banyak kasus direksi BUMN kena OTT KPK

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden Sandiaga Uno menyampaikan harapannya agar pekerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjaga netralitasnya dalam tahun politik ini. Hal itu ia sampaikan saat menerima dukungan dari Federasi Serikat Pekerja BUMN, Rabu (10/4).

“Soal netralitas kami setuju, BUMN hatus netral dan bersih, BUMN untuk menggerakkan ekonomi, BUMN sebagai poros harus dikelola sebagai good governance untuk menjadi world class company sesuai pasal 33 UUD,” kata Sandiaga di Resto Batik Kuring SCBD, Jendral Sudirman, Jakarta, Rabu.

1. Sandiaga berharap direksi tidak direkrut berdasarkan timses

Sandiaga Uno: BUMN Harus NetralIDN Times/Irfan fathurohman

Sandiaga menyayangkan keluhan dari serikat pekerja BUMN yang mengatakan pola rekrut yang tidak adil. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu pun menolak penempatan direksi dari tim sukses.

“Kami juga menolak soal penempatan direksi yang tidak sesuai. Siapapun yang memiliki komitmen prestasi harus diberikan kesempatan bukan malah anggota timses. Kita harus rekrut orang baik yang termasuk juga komitmen Prabowo-Sandiaga,” ujar Sandiaga.

Baca Juga: Kementerian BUMN Tidak Tolerir Tindakan Direksi Terkait OTT KPK

2. Sandiaga menyayangkan direksi BUMN yang jadi tersangka KPK

Sandiaga Uno: BUMN Harus NetralIDN Times/Irfan fathurohman

Sandiaga mengatakan banyaknya direksi BUMN yang menjadi tersangka kasus korupsi adalah bukti kebocoran dalam penyelenggaraan negara.

“Untuk akuntabilitas, banyak direksi BUMN tersangka oleh KPK menjadi catatan sendiri. Saya yakin dalam penujukkan harus talentful yang baik. Karena yang pertama yang dilakukan itu," kata dia.

Dia pun mengapresiasi langkah penindakan korupsi dalam menjaga aset bangsa. "Bersama sama kita kawal BUMN karena aset bangsa, poros, pilar dalam membangun perekonomian,” tambah Sandiaga.

3. Sudirman menyeru pimpinan BUMN untuk menjaga kehormatan

Sandiaga Uno: BUMN Harus NetralIDN Times/Irfan fathurohman

Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Sudirman Said menyeru kepada pimpinan BUMN untuk tetap menjaga kehormatan.

“Tolong gunakan hati nurani dan akal sehat, nanti kalian menyesal. Mau menang apa kalah di hukum, kehormatan harus tetap dijaga,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Menteri ESDM kabinet Jokowi-JK itu.

4. Sandiaga berkomitmen untuk menjaga BUMN sebagai pilar ekonomi

Sandiaga Uno: BUMN Harus NetralIDN Times/Imam Rosidin

Menutup sambutannya, Sandiaga berkomitmen akan menjaga BUMN agar tetap menjadi pilar ekonomi di bawah Prabowo-Sandiaga.

"Kami akan jaga amanah ini, BUMN milik bangsa, milik rakyat, dan menujukkan profesionalitas. Kami juga melihat tindakan menyimpang di BUMN harus diluruskan untuk mendorong pilar ekonomi. Di atas semuanya BUMN harus mampu menjadi sistem ekonomi bangsa.

Baca Juga: KPK: Tak Semua Pejabat di BUMN Korup, Ada Juga yang Baik

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya