Comscore Tracker

Sasar Pemilih Pemula, KPU Depok Sosialisasi Pilkada ke Ribuan Siswa

Angka pemilih pemula menjadi suara penentu 

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menggelar sosialisasi Pilkada 2020 kepada millennials. Sosialisasi digencarkan untuk menyasar pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya pada Desember 2020.

Salah satu kegiatan yang dilakukan KPU Depok adalah menggelar kegiatan webinar kepada siswa sekolah dengan mengusung tema ‘Millennials Hebat Pasti Memilih’.

“Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-92 sengaja hari ini kami melaksanakan Webinar Sosialisasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Tahun 2020 bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMA se-Kota Depok,” kata Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna lewat keterangan tertulisnya, Rabu (28/10/2020).

1. Kegiatan sosialisasi diikuti ribuan siswa sekolah

Sasar Pemilih Pemula, KPU Depok Sosialisasi Pilkada ke Ribuan SiswaKetua KPU Kota Depok, Nana Shobarna (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kegiatan tersebut diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai sekolah SMA sederajat se-Kota Depok terutama kelas XII yang merupakan representasi dari pemilih pemula yang ada di Kota Depok.

“Kami ingin membangkitkan semangat pemilih milenial kita untuk tidak perlu ragu dan khawatir datang ke TPS, karena akan diterapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga: Depok Jadi Kota Pertama Penerima Vaksin COVID-19 di Jawa Barat

2. KPU Depok menyasar partisipasi pemilih pemula

Sasar Pemilih Pemula, KPU Depok Sosialisasi Pilkada ke Ribuan SiswaIlustrasi pekerja logistik Pemilu 2019 memperhatikan surat suara Pileg 2019 sebelum dilipat dan didistribusikan ke TPS. IDN Times/Prayugo Utomo

Nana menjelaskan, kegiatan ini merupakan ikhtiar memaksimalkan potensi untuk terus melakukan sosialisasi secara masif, walaupun di tengah pandemik COVID-19.

“KPU Kota Depok berkomitmen untuk terus memberikan pemahaman serta tahapan pilkada kepada masyarakat, apalagi mereka pemilih pemula yang baru pertama kali nyoblos. Selain menyampaikan tata cara pencoblosan kita juga menyampaikan penerapan protokol kesehatan dalam pemilihan nanti,” kata dia.

3. Angka pemilih pemula menjadi suara penentu

Sasar Pemilih Pemula, KPU Depok Sosialisasi Pilkada ke Ribuan SiswaIlustrasi Pilkada serentak 2020, IDN Times/ istimewa

Pemilih pemula menurut Nana merupakan suara penentu karena angkanya lebih dari 50 persen pada pilkada tahun ini. Oleh sebab itu, KPU Depok ingin mengefektifkan kegiatan seperti ini sebagai sarana sosialisasi yang lebih masif kepada masyarakat.

“Kami sangat berharap peserta siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini kemudian dapat menyampaikan informasi tentang pilkada kepada teman-temannya dan masyarakat secara umum, menyampaikan bahwa pilkada akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, datanglah ke TPS dan jangan golput,” ujar Nana.

Baca Juga: Depok Terapkan PSKS di 11 Kecamatan hingga 1 November 2020

Topic:

  • Irfan Fathurohman
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya