Satgas Nemangkawi Tangkap 1 Pimpinan KKB Eks TNI di Yahukimo  

Senaf Soll mantan TNI yang bergabung KKB

Jakarta, IDN Times - Tim Satuan Tugas Penegakan Hukum Nemangkawi, kembali menangkap salah satu pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Rabu (1/9/2021).

Pimpinan KKB Yahukimo yang ditangkap itu adalah mantan anggota TNI, Senaf Soll.

“Memang ada penangkapan dan saat ini sudah diamankan di Mapolres Yahukimo di Dekai,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua, Kombes Pol Faizal Ramadhani dikutip ANTARA, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: KKB Tenius Gwijangge Diduga Miliki 2 Senjata Api TNI AD

1. Kelompok Senaf Soll pernah menewaskan dua aparat dan staf KPU Yahukimo

Satgas Nemangkawi Tangkap 1 Pimpinan KKB Eks TNI di Yahukimo  Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Kelompok Senaf Soll pernah melakukan sejumlah penganiayaan yang mengakibatkan tewasnya aparat. Yaitu penganiayaan terhadap dua anggota Yonif Linux 432/Kostrad dan pembunuhan staf KPU Yahukimo. 

Senaf Soll, menurut Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Brigjen TNI Izak Pangemanan, bernama asli Ananias Yaluka.

“Senaf Soll dipecat dari TNI pada 2019 sesuai Putusan Mahkamah Militer III Jayapura terkait jual beli amunisi dan senjata api di Kabupaten Mimika. Sebelum dipecat, ia bertugas di Yonif 754/ENK dengan pangkat Prada,” ujar Wira.

2. Satgas Nemangkawi tangkap Kepala Distrik Wusama, Etius Baye terkait KKB

Satgas Nemangkawi Tangkap 1 Pimpinan KKB Eks TNI di Yahukimo  Kepala Distrik Wusama, Kabupaten Yahukimo, Etius Baye. (Dok. TPNPB-OPM)

Sebelumnya, Satgas Nemangkawi juga menangkap Kepala Distrik Wusama, Kabupaten Yahukimo, Etius Baye karena diduga terlibat aksi KKB. Etius Baye diduga sebagai otak dan penyandang dana untuk aktivitas KKB.

Selain menangkap Etius Baye, Satgas Nemangkawi juga menangkap tiga orang lainnya yakni EH, Y dan YH. Keempat orang itu ditangkap pada Jumat (27/8/2021) di rumah Etius Baye. 

Penangkapan berawal dari adanya informasi terkait kendaraan berwarna hitam yang sering melintasi Dekai, ke lokasi kejadian yang berada di pinggiran kali Brazza.

Dari informasi itulah kemudian aparat keamanan mendalaminya, namun tak disangka kendaraan yang dicari melintas di depan Mapolres Yahukimo, Dekai, sehingga digiring masuk dan pengemudinya yakni EH dimintai keterangan.

3. Belasan anggota KKB berada di rumah Etius Baye

Satgas Nemangkawi Tangkap 1 Pimpinan KKB Eks TNI di Yahukimo  Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

EH dalam keterangannya kepada penyidik mengaku ada belasan anggota KKB di rumah Etius Baye, sehingga Jumat malam sekitar pukul 20.00 WIT, anggota melakukan penangkapan.

Namun saat penangkapan lima orang yang berada di dalam honai yang berada di belakang rumah melarikan diri, kata Faizal yang juga menjabat Dirkrimum Polda Papua.

Dari delapan orang yang ditangkap di rumah Etius Baye, empat orang di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka yakni Etius Baye, Y, EH, dan YH.

Dari hasil pemeriksaan terungkap tugas ketiga tersangka selain Etius Baye yang menjabat kepala distrik atau camat, EH adalah sopir yang mengantar keperluan KKB, Y merupakan keponakan Etius Baye yang berperan menyiapkan keperluan logistik KKB.

“YH merupakan anggota KKB yang terlibat langsung dalam berbagai aksi, termasuk pembunuhan empat pekerja bangunan di Kampung Bingky, Distrik Seradala, pada tanggal 29 Juni lalu dan pembunuhan dua pekerja PT Indo Mulia Baru di jembatan kali Brazza tanggal 23 Agustus lalu,” ujar Faizal.

Baca Juga: 4 Terduga Anggota KKB yang Bunuh Pekerja Proyek Trans-Papua Ditangkap

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya