Satu Warga di Jerman Positif Terjangkit Virus Corona

Pasien terjangkit virus corona diisolasi

Jakarta, IDN Times - Virus corona ternyata telah menyeberang dari Tiongkok ke Jerman. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kementerian Kesehatan Bavaria di Munich.

"Seorang pria di wilayah Starnberg telah terinfeksi virus corona baru," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Bavaria di Munich seperti dikutip dari Antara, Selasa (28/1).

1. Pasien terinfeksi virus corona diisolasi

Satu Warga di Jerman Positif Terjangkit Virus CoronaANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song

Otoritas setempat tidak menyebutkan secara detail bagaimana pasien itu terinfeksi. Identitas, usia maupun asal kewarganegaraan itu juga tidak diungkap ke publik. Hanya disebutkan bahwa pasien itu dikarantina dan sedang menjalani perawatan medis. Disebutkan juga bahwa pasien itu 'dalam kondisi baik secara medis'.

"Orang-orang yang melakukan kontak dengannya (pasien terinfeksi virus corona) telah diberitahu secara detail soal kemungkinan gejala, langkah-langkah higienis yang bisa dilakukan dan cara-cara penularan yang bisa terjadi," ucapnya.

2. Jerman mengimbau warganya tidak pergi ke Tiongkok

Satu Warga di Jerman Positif Terjangkit Virus Corona(Nomor hotline untuk dihubungi soal virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Kementerian Kesehatan Bavaria mengatakan, bahwa risiko penularan virus corona di Bavaria saat ini tergolong rendah. Otoritas Jerman telah mengimbau warganya untuk menghindari perjalanan yang tidak diperlukan ke Tiongkok di tengah wabah virus corona.

Jerman juga tengah mempertimbangkan evakuasi terhadap warganya yang ada di kota Wuhan asal muasal virus corona.

3. Korban meninggal akibat virus corona bertambah jadi 106

Satu Warga di Jerman Positif Terjangkit Virus CoronaWisatawan mengunjungi Dazaifu memakai masker di Dazaifu, Prefektur Fukuoka, Jepang. ANTARA FOTO/REUTERS/The Yomiuri Shimbun/Takashi Ozaki

Data terbaru dari Tiongkok pada hari Selasa (28/1), korban meninggal karena virus corona baru terus bertambah. Berdasarkan laporan terbaru, korban meninggal mencapai 106 orang, jumlah sebelumnya 81 orang.

Jumlah total kasus yang dikonfirmasi di Tiongkok ini naik menjadi 4.515 pada 27 Januari, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan dalam sebuah pernyataan, naik dari 2.835 yang dilaporkan sehari sebelumnya.

Baca Juga: Sempat Dirawat di Kepri, Tujuh Turis Tiongkok Negatif Corona

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya