Seorang Kompol dan 12 Polisi Sorong Terlibat Narkoba, Positif Sabu!

Kompol CB dan 12 polisi Sorong jadi tersangka

Jakarta, IDN Times - Seorang perwira berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) bersama 12 polisi Polres Sorong Kota terlibat narkoba.

Dalam kasus ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua Barat menetapkan Kompol CB sebagai tersangka (TSK) penyalahgunaan narkotika.

Kepala BNN Papua Barat Brigadir Jenderal Polisi Heri Istu Hariono mengatakan, selain CB, BNN juga menangkap H sebagai bandar dan pemilik 13 paket narkotika jenis sabu-sabu.

“Sudah didalami dan ditetapkan sebagai tersangka, memang oknum hanya pemakai dan menguasai sabu-sabu kurang dari satu gram," kata Hariono dikutip dari ANTARA, Minggu (24/7/2022).

Baca Juga: Polres Mimika Papua Bekuk 2 Pengedar Narkoba, 136,39 Gram Sabu Disita

1. Sabu-sabu yang digunakan diduga berasal dari Sulawesi Selatan

Seorang Kompol dan 12 Polisi Sorong Terlibat Narkoba, Positif Sabu!Ilustrasi narkoba jenis sabu-sabu. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Dari hasil pemeriksaan, CB sudah cukup lama menggunakan sabu-sabu, dan didapati satu kamar hotel bersama H di Sorong Selatan.

“Sesuai dengan komitmen Kepala Polda yang tegas sehingga lanjut kami proses, kalaupun ada rehabilitasi di LP," ujar Hariono.

BNN Papua Barat terus mengembangkan kasus itu untuk memastikan asal pengiriman sabu-sabu, yang dari informasi awal berasal dari Sulawesi Selatan.

2. Sebanyak 12 anggota polisi Sorong terlibat

Seorang Kompol dan 12 Polisi Sorong Terlibat Narkoba, Positif Sabu!ilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Kepolisian Daerah Papua Barat melalui Direktorat Reserse Narkoba memeriksa 12 polisi di Kota Sorong terkait penangkapan CB.

Kapolda Papua Barat Inspektur Jenderal Polisi Daniel Tahi Monang Silitonga mengatakan, pemeriksaan 12 polisi tersebut merupakan hasil pengembangan dari tertangkapnya Kompol CB.

"Jadi setelah dikembangkan, ternyata ada 12 oknum polisi yang diduga terlibat. Ada yang pemakai, ikut-ikutan, ada juga yang dipaksa karena dijanjikan sesuatu," ujar Kapolda.

Sebanyak 12 anggota polisi tersebut saat ini dalam pemeriksaan dan menjalani tes urine untuk memastikan keterlibatan mereka.

"Dari hasil tes urine, dua dari 12 anggota tersebut dinyatakan positif sebagai pengguna," jelas Silitonga.

3. Kapolda minta para tersangka diproses hukum

Seorang Kompol dan 12 Polisi Sorong Terlibat Narkoba, Positif Sabu!Ilustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebagai pejabat baru di Polda Papua Barat, Silitonga ingin membersihkan Kepolisian Papua Barat dari anggota yang memiliki masalah tindak pidana yang mencoreng institusi Polri.

"Saya sudah perintahkan, siapa pun yang terlibat harus diproses sesuai hukum," tegas dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya