Sido Muncul Luncurkan Iklan Baru: Dukung Pemerintah Tarik Investor

Sido Muncul 'buka mata' masyarakat pentingnya omnibus law

Jakarta, IDN Times - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk kembali memproduksi iklan terbaru untuk produk unggulannya di minuman energi, Kuku Bima. Berbeda dengan konsep sebelumnya, iklan Kuku Bima kali ini akan menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam membentuk RUU ramah investasi lewat omnibus law.

“Indonesia ini membutuhkan investasi, pemerintah sudah membuat aturan yang ramah investasi lewat omnibus law, kemudian iklan ini memberikan penjelasan pada masyarakat untuk mendukung pemerintah menarik investasi itu akan menciptakan lapangan kerja,” kata President Director PT Sido Muncul Irwan Hidayat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Rabu (5/2).

Baca Juga: Berdiri Hampir 7 Dekade, Ini 4 Kunci Sukses Sido Muncul

1. Sido Muncul ‘membuka mata’ masyarakat tentang pentingnya investasi

Sido Muncul Luncurkan Iklan Baru: Dukung Pemerintah Tarik InvestorProses syuting Sidomuncul di TMII, Jakarta Timur, Rabu (5/2) IDN Times/Irfan Fathurohman

Iklan yang akan dibintangi  Binaragawan Ade Rai dan komedian Nina Carolina yang akrab di sebut dengan ‘Mpok Alpa’ itu, kata Irwan, akan membuka mata masyarakat untuk mendukung pemerintah.

“Iklan ini intinya memberikan penjelasan bahwa apa yang dilakukan pemerintah itu sudah bener, membuka investor, membukakan infrastruktur supaya investor masuk,” ucap dia.

Menurutnya, Indonesia saat ini sedang membutuhkan investor demi membangun pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, apa yang dilakukan Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo memangkas birokrasi lewat RUU Cipta Lapangan Kerja juga harus didukung masyarakat.

“Di samping investasi, masyarakat harus dengan sadar menerima usaha untuk menyadari bahwa investasi itu penting, investor itu dibutuhkan, dari mana sajalah, dari India, Arab, Cina, Korea, Jepang,” tutur Irwan.

2. Sido Muncul dukung omnibus law

Sido Muncul Luncurkan Iklan Baru: Dukung Pemerintah Tarik InvestorPresiden Sidomuncul Irwan (IDN Times/Irfan fathurohman)

Dengan adanya omnibus law, Irwan mengatakan investasi lebih mudah masuk ke Indonesia. Dengan masuknya investasi, ia yakin Indonesia bisa mengurangi pengangguran.

“Karena tiap tahun itu ada dua juta angkatan muda yang harus mendapatkan lapangan pekerjaan. Dan setiap pertumbuhan teorinya 300 ribu butuh satu persen kalau dua juta kan butuh tujuh persen. Tapi zaman sekarang kan karena teknologi, serapan tenaga kerja setiap persennya juga kurang,” ucap dia.

“Pokoknya Indonesia itu kalau mau sukses investasi, investor harus ada. Iklan ini akan menjelaskan, karena banyak orang yang tidak mengerti dan invetasi itu disalahartikan, padahal gak. Investasi tetap dibutuhkan siapa pun investornya yang pegang kendali kan pemerintah,” ujarnya.

3. Sido Muncul juga terus melebarkan sayap bisnisnya untuk menyerap tenaga kerja Indonesia

Sido Muncul Luncurkan Iklan Baru: Dukung Pemerintah Tarik InvestorDok. IDN Times/Istimewa

Tidak hanya mendukung pemerintah lewat iklan, Sido Muncul juga terus melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka lapangan kerja baru di sektor perhotelan.

“Kami menginvetasikan salah satu investor contohnya Hotel Tentrem di Jogja, nanti di Semarang buka April, itu Hotel Tentrem itu akan menyerap lapangan kerja. Kemudian akan menyetor pada pendapatan daerah. Mungkin setahun kalau di Jogja hotel aja kira kira-kira Rp15 miliar pada Pemkot, kalau di Semarang mungkin bisa sampai Rp30 atau Rp40 miliar karena ada mal, apartemen,” ujar dia.

Sido Muncul sendiri kata Irwan, sudah menyerap tenaga kerja 4.000 karyawan, dan 120 distributor.

“Sebanyak 70 distributor yang ada sekarang itu dulunya UMKM, kan cuma karyawan, sales. Nah sekarang jadi distributor kami, terus muliplayernya Sido Muncul ini kami kerja sama dengan petani, terus petani itu kami bina cukup banyak, 120 lebih kelompok tani yang kami bina selama 30 tahun sehingga kami mendapatkan bahan baku dari mereka,” ujar Irwan.

4. Ade Rai bersyukur bisa berpartisipasi mendukung pemerintah

Sido Muncul Luncurkan Iklan Baru: Dukung Pemerintah Tarik InvestorIDN Times/Irfan fathurohman

Sementara itu, di lokasi yang sama, Ade Rai juga mengatakan turut bersyukur bisa berpartisipasi dalam iklan ini untuk mengajak masyarakat memahami investasi untuk membuka lapangan kerja di Indonesia.

“Saya bersyukur bisa berpartisipasi dalam upaya tema iklannya mengajak investasi di Indonesia supaya lebih marak lagi. Saya rasa pemerintah juga punya beberapa peraturan yang memungkinkan agar lebih nyaman bagi investor. Itu ide daripada iklan ini. Bersyukur bisa sedikit membantu dan berkontribusi,” kata Ade Rai di sela-sela syuting iklan.

Baca Juga: Cerita Irwan Hidayat Foto Masa Kecilnya Mejeng di Logo Sido Muncul

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya