Comscore Tracker

Survei: Ganjar Pranowo Salip Elektabilitas Prabowo Subianto

Muncul Giring Nidji

Jakarta, IDN Times - Survei New Indonesia Research & Consulting menyatakan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalip Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Dengan elektabilitas 17,1 persen, Ganjar berhasil mengejar Prabowo yang kini hanya 16,5 persen," kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono dikutip ANTARA, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga: Survei Pilpres 2024: Elektabilitas Ridwan Kamil Lewati Anies Baswedan

1. Peran penanganan pandemik menguntungkan kepala daerah

Survei: Ganjar Pranowo Salip Elektabilitas Prabowo SubiantoMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) bersama Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kiri) tiba di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Andreas menjelaskan, sebelumnya elektabilitas Ganjar merangkak naik dari angka 14,3 persen. Sedangkan, Prabowo terus menurun dari 18,9 persen.

Kenaikan angka elektabilitas Ganjar diduga karena kiprah kepala daerah, terutama pada masa pandemik COVID-19 masih menjadi alasan kuat publik untuk memberikan dukungan elektoral.

Sedangkan, Prabowo yang menjabat Menteri Pertahanan tidak bisa menunjukkan peran signifikan.

2. Elektabilitas Ridwan Kamil juga menanjak meninggalkan Anies Baswedan

Survei: Ganjar Pranowo Salip Elektabilitas Prabowo SubiantoDok.Humas Jabar

Pada urutan berikutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil makin jauh meninggalkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Elektabilitas Kang Emil naik dari 11 persen menjadi 12,3 persen, sedangkan Anies turun dari 9,8 persen menjadi 8,7 persen.

Angka tersebut menunjukkan bahwa publik makin kurang percaya pada gaya kepemimpinan Anies di DKI Jakarta, dan lebih mendukung Kang Emil. Terlebih ketika Anies memutuskan untuk memperketat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

3. Elektabilitas tokoh nasional ikut menurun

Survei: Ganjar Pranowo Salip Elektabilitas Prabowo Subianto(IDN Times/Kevin Handoko)

Elektabilitas yang ikut turun dialami Sandiaga Uno dari 8,9 persen ke 7,4 persen. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dari 4,6 persen ke 4,2 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dari 2,7 persen ke 2,3 persen.
 
Tokoh lainnya adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma (1,6 persen-1,4 persen), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (1,3 persen-1,1 persen), dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan Mahfud MD (1,2 persen-1,0 persen).
 
"Wajah baru muncul dengan kehadiran Plt (pelaksana tugas) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha yang berhasil menembus posisi 8 besar dengan elektabilitas 1,8 persen," kata Andreas.

Baca Juga: Disebut Halu Maju Jadi Capres 2024, Giring: Saya Pemimpi yang Besar

Topic:

  • Irfan Fathurohman
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya