Survei Indikator: PSBB Sumbar Paling Efektif, Jatim Paling Rendah

DKI Jakarta skor tertinggi soal bansos dan menekan kematian

Jakarta, IDN Times - Lembaga Indikator Politik merilis hasil survei terbarunya bertema Efek Kepemimpinan dan Kelembagaan dalam Penanganan COVID-19 pada Kamis (20/8/20). Salah satu yang dievaluasi adalah tentang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hasil survei tersebut, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, PSBB Sumatra Barat paling efektif.

“Sumatra Barat skornya paling tinggi dalam pelaksanaan PSBB (67,0). Yang paling rendah Jawa Timur (53,9),” kata Burhan, dalam siaran langsung di saluran YouTube Indikator Politik.

1. Sumbar dibenci pengusaha disanjung akademisi

Survei Indikator: PSBB Sumbar Paling Efektif, Jatim Paling RendahIlustrasi Jam Gadang, Kota Padang, Sumatra Barat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sumbar bisa memperoleh skor tinggi, karena mendapat penilaian baik dari kalangan akademisi, NGO, dan media massa. Tapi tidak di kalangan usaha.

“Ini mungkin pengusaha terkena dampak jika PSBB terlalu keras. Nah, begitu pun di Jawa Timur, mendapat penilaian paling buruk dari kalangan akademisi,” ujar Burhan, sapaan akrab Burhanuddin.

Baca Juga: PSBB Proporsional Bogor Depok Bekasi Diperpanjang hingga 31 Agustus

2. DKI Jakarta paling efektif menekan angka kematian karena COVID-19

Survei Indikator: PSBB Sumbar Paling Efektif, Jatim Paling RendahGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat Kapal Pinisi dari warga Kampung Akuarium (IDN Times/Aryodamar)

Namun, untuk skor menekan tingkat kematian akibat COVID-19, sebanyak 67,6 persen responden menilai DKI Jakarta paling efektif. Jawa Barat di urutan kedua dengan skor 67,4 persen, dan Sumbar 67,2 persen.

“Jawa Timur lagi-lagi terendah di angka 59,4 persen,” ucap Burhan.

3. Papua dan Sulsel menerima skor terendah terkait efektivitas penyaluran bansos

Survei Indikator: PSBB Sumbar Paling Efektif, Jatim Paling RendahPolda Lampung mendonasikan bantuan sosial berupa 152 ton beras, 1.200 liter minyak goreng, dan 1.500 masker, Sabtu (15/8/2020). (IDN Times/Istimewa)

Sementara, untuk skor penyaluran bantuan sosial atau bansos, DKI Jakarta masih di peringkat pertama dengan angka 68,7 persen. Di peringkat kedua ada Jabar dengan angka 67,4 persen, selanjutnya Jawa Tengah 66,7 persen.

“Yang lain, Papua (60,1) dan Sulawesi Selatan (62,2) paling bawah,” kata Burhan.

4. Sebanyak 40,8 persen responden ingin PSBB tidak dilonggarkan

Survei Indikator: PSBB Sumbar Paling Efektif, Jatim Paling RendahIlustrasi (IDN Times/Candra Irawan)

Sementara, ketika ditanya soal setuju atau tidak jika PSBB dilonggarkan, sebanyak 40,8 persen respondens menjawab tidak layak dilonggarkan.

“Jangankan dihentikan, kalau ada upaya pelonggaran status PSBB saja 40,8 responden menyebut tidak layak dilonggarkan,” kata Burhan.

Baca Juga: Jokowi Minta Evaluasi Perbandingan Daerah Non-PSBB dan PSBB

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya