Survei: Komunikasi Emil ke Warga Jempolan, Dibanding Ganjar dan Anies

Emil, Ganjar dan Anies bersaing ketat

Jakarta, IDN Times - Lembaga Indikator Politik merilis hasil survei terbarunya bertema Efek Kepemimpinan dan Kelembagaan dalam Penanganan COVID-19 pada Kamis (20/8/20). Salah satu yang dievaluasi adalah tentang komunikasi pemimpin daerah kepada warga dalam masalah pandemik.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berhasil membangun komunikasi yang sangat baik, ketimbang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Ridwan Kamil skornya 73,4, sementara Ganjar 73,2 dan Anies 72,1,” kata Burhan, dalam siaran langsung di saluran YouTube Indikator Politik.

1. Anies dinilai jeblok di kalangan pengusaha

Survei: Komunikasi Emil ke Warga Jempolan, Dibanding Ganjar dan AniesGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (IDN Times/Aryodamar)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai jeblok di kalangan pengusaha. Hal tersebut berdasarkan penilaian dari empat elite responden yang terdiri dari akdemisi, lembaga masyarakat, media massa, dan pengusaha.

“Pak Anies rendah di kalangan pengusaha, dia tinggi di elite akademisi. Ridwan Kamil tinggi di semua kalangan, tapi sedikit rendah di kalangan media massa,” ucap Burhan.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Naik, PDIP: Prioritas Kami Masih Pilkada 2020

2. Anies unggul di skor sens of crisis

Survei: Komunikasi Emil ke Warga Jempolan, Dibanding Ganjar dan AniesGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan keterangan pers secara virtual (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Meski rendah di angka komunikasi, Anies Baswedan unggul di skor sens of crisis dengan angka 72,9, sedangkan Ridwan Kamil di peringkat kedua dengan angka 72,1, kemudian Ganjar 72,0.

“Lagi-lagi tiga nama ini masih yang paling tinggi ketimbang kepala daerah lainnya, seperti Khofifah dan Edy Rahmayadi,” kata Burhan.

3. Ridwan Kamil kembali unggul di skor koordinasi kerja

Survei: Komunikasi Emil ke Warga Jempolan, Dibanding Ganjar dan AniesGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Bagus F)

Sementara, skor koordinasi kerja kembali dimenangkan Ridwan Kamil dengan angka 72,4, dibuntuti Ganjar 71,9, dan Anies 71,6.

“Bagaimana pun masih banyak PR (pekerjaan rumah) pemerintah pusat dan daerah, tapi evaluasi opini maker pemerintah daerah masih lebih positif ketimbang pemerintah daerah,” ucap Burhan.

Baca Juga: Survei Indikator: PSBB Sumbar Paling Efektif, Jatim Paling Rendah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya