Sutopo BNPB Terima Penghargaan The First Responders 2018

Selamat, pak! Terus menginspirasi.

Jakarta, IDN Times – Siapa yang tak kenal dengan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Sosoknya kerap muncul memberikan informasi terkini terkait bencana alam yang melanda tanah air.

Kesigapannya dalam menginformasikan perkembangan dari tiap upaya penanganan bencana tak perlu diragukan lagi, bahkan meskipun dirinya sedang melawan penyakit kanker paru stadium 4 sejak pertengahan Januari 2018 lalu.

Kabar terkini, Sutopo menerima penghargaan The First Responders 2018. Penghargaan ini diberikan oleh harian terkemuka yang bermarkas di Singapura, The Straits Times pada 29 November 2018.

Baca Juga: Mengenal Sutopo Purwo Nugroho si Pejuang Bencana dan Kanker Paru-paru

1. Sutopo dapatkan penghargaan The First Responders

Sutopo BNPB Terima Penghargaan The First Responders 2018IDN Times/Margith Damanik

Sutopo mendapatkan penghargaan The First Responders karena upayanya dalam menginformasikan kepada media massa baik lokal dan internasional sejak awal pascagempa Sulawesi Tengah yang terjadi pada 28 September 2018, meskipun dia sedang mengidap kanker paru-paru stadium 4.

BNPB melalui Sutopo sebagai juru bicara memberikan informasi kepada media yang kemudian menjadi rujukan informasi utama pada saat tanggap darurat.

2. Sutopo dengan giat mengklarifikasi berita palsu secara cepat

Sutopo BNPB Terima Penghargaan The First Responders 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

The Straits Times mengatakan tanpa lelah Sutopo hadir untuk menginformasikan kepada publik terkait dengan upaya-upaya penanganan bencana di Indonesia.

Disebutkan pula, Sutopo dengan giat meng-counter berita palsu secara cepat kepada media maupun melalui media sosial.

Baca Juga: [VIDEO] Humas BNPB Sutopo Nge-Vlog Bareng Jokowi

3. Sutopo ucap syukur atas penghargaan kepada dirinya

Sutopo BNPB Terima Penghargaan The First Responders 2018IDN Times/Margith Damanik

Sutopo menyampaikan bahwa penghargaan ini juga dapat menginsiprasi masyarakat luas.

“Kerja keras, ikhlas, integritas, kerja tuntas dan tanpa kenal lelah adalah semangat yang harus dijunjung tinggi. Jangan malas dan mudah galau. Apapun lakukan dengan tekun dan pantang menyerah,” ungkap Sutopo dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (29/11).

“Alhamdulillah mendapat penghargaan The First Responders dari The Straits Times media terkemuka di Singapura. Penghargaan ini untuk seluruh pimpinan dan staf BNPB yang telah bekerja keras dan mencurahkan jiwa raga menangani bencana. Saya hanya penyambung lidah yang mengkhabarkan kepada media dan masyarakat luas,” lanjutnya.

4. Penghargaan dari The Strait Times jadi pencapaian BNPB

Sutopo BNPB Terima Penghargaan The First Responders 2018IDNTimes/Fitang Adhitia

The Strait Times setiap tahun menganugerahkan penghargaan The First Responders kepada individu, kelompok maupun institusi yang telah berkontribusi secara signifikan kepada masyarakat, bangsa dan terlebih lagi di wilayah kawasan regional. Selain Sutopo, penghargaan tersebut juga dianugerahkan kepada Ng Kok Choong yang menyelamatkan nyawa manusia dari reruntuhan bangunan pascagempa Sulawesi Tengah, kemudian Kapten P. Rajkumar dan Perwira Vijay Varma Pilot Angkatan Laut India yang melakukan penyelamatan melalui udara ketika warga terjebak banjir besar di Kerala India. Penghargaan juga diberikan kepada lembaga antara lain Mercy Relief dan AHA Centre dalam penanganan bantuan kemanusiaan.

Penghargaan ini sekaligus menjadi pencapaian BNPB dalam penanggulangan bencana di Indonesia, secara khusus dalam konteks kontribusi BNPB dalam pemberian informasi kepada media massa. Begitu dekatnya media dengan Humas BNPB menyebabkan penyebaran informasi kebencanaan menjadi lebih mudah. Media sangat membantu tugas-tugas BNPB. Media adalah pengganda BNPB dalam menyebarluaskan informasi bencana.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada media. Penghargaan yang diraih ini juga atas bantuan media. Jadi penghargaan ini juga saya dedikasikan untuk rekan-rekan media. Tanpamu apalah artinya aku,” ujarnya.

Baca Juga: Sutopo BNPB Raih Penghargaan Tokoh Komunikasi Kemanusiaan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya