Comscore Tracker

Tak Umumkan Motif Pembunuhan Brigadir J, Polri: Untuk Jaga Perasaan

Informasi soal motif hanya untuk kalangan penyidik

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Agus Andrianto, memastikan, saat ini pihaknya tidak akan membuka motif pembunuhan berencana Brigadir J oleh tersangka Irjen Pol Ferdy Sambo.

Agus mengatakan, sementara ini, informasi soal motif tersebut hanya untuk kalangan penyidik dan berharap akan terbuka dengan sendirinya saat persidangan.

“Untuk menjaga perasaan semua pihak, biarlah jadi konsumsi penyidik dan nanti mudah-mudahan terbuka saat persidangan,” kata Agus saat dihubungi, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Suruh Bharada E Membunuh Brigadir J

1. Kabareskrim singgung pernyataan Menko Polhukam

Tak Umumkan Motif Pembunuhan Brigadir J, Polri: Untuk Jaga PerasaanMenteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Soal motif pembunuhan, Agus juga menyinggung pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD yang menyebut bahwa motif kasus pembunuhan Brigadir J terlalu sensitif sehingga hanya bisa dikonsumsi orang dewasa.

Menurut Agus, apa yang disampaikan Mahfud bisa digunakan sebagai narasi tentang motif kasus pembunuhan Brigadir J tersebut. 

"Kalau tidak, izin pakai saja narasi Pak Menko Polhukam ya," katanya.

Baca Juga: Menko Mahfud MD: Hasil Autopsi Brigadir J Boleh Diumumkan ke Publik

2. Penyidik masih tunggu hasil penyelidikan

Tak Umumkan Motif Pembunuhan Brigadir J, Polri: Untuk Jaga PerasaanKepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), Irjen Ferdy Sambo (humas.polri.go.id)

Saat ini, penyidik juga masih menunggu hasil penyelidikan Inspektorat Khusus (Itsus) yang fokus mendalami dugaan pelanggaran etik dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

"Kasus turunannya kita tunggu Itsus sedang mendalami peran mereka," ujar Agus.

Baca Juga: Ferdy Sambo Tersangka, Kapolri: Tidak Ada Peristiwa Tembak Menembak

3. Presiden minta Kapolri membuka kasus secara terbuka

Tak Umumkan Motif Pembunuhan Brigadir J, Polri: Untuk Jaga PerasaanInfografis skenario Irjen Pol Ferdy Sambo terhadap pembunuhan berencana Brigadir J. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengungkap kasus kematian Brigadir J secara terbuka. 

"Iya, sejak awal kan saya sampaikan usut tuntas, jangan ragu-ragu, jangan ada yang ditutup-tutupi, ungkap kebenaran apa adanya," ujar Jokowi saat kunjungan kerja ke Kalimantan Barat yang disiarkan di kana YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/8/2022).

Menurut Jokowi, Polri harus mengungkap kasus pembunuhan Brigadir J secara terbuka, agar kepercayaan masyarakat terhadap institusi itu tidak menurun. 

"Sehingga, jangan sampai menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, itu yang paling penting, citra Polri harus tetap kita jaga," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Kapolri Tuntaskan Kasus Brigadir J: Ungkap Apa Adanya!

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya