Comscore Tracker

Tambah! Pos Penyekatan Arus Balik Temukan 192 Pemudik Positif COVID-19

Sebanyak 52 pemudik diisolasi di Wisma Atlet

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menemukan 192 pemudik positif COVID-19 di pos penyekatan arus balik mudik Lebaran 2021 yang memasuki DKI Jakarta. Jumlah tersebut merupakan akumulasi sejak 16-19 Mei 2021.

“40.916 orang yang sudah kita lakukan swab antigen. Ada 9.302 kendaraan yang kita lakukan pemeriksaan secara random, ditemukan 192 yang reaktif atau positif,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (20/5/2021).

1. Sebanyak 52 pemudik diisolasi di Wisma Atlet

Tambah! Pos Penyekatan Arus Balik Temukan 192 Pemudik Positif COVID-19Ilustrasi mudik (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik, Pelaku Perjalanan Akan Lalui Screening Berlapis

Selain itu, Polda Metro juga sudah mengisolasi 52 pemudik ke Wisma Atlet Kemayoran. Sedangkan, 99 melakukan isolasi mandiri dan 41 pemudik lainnya dirujuk ke rumah sakit sesuai domisili pemudik.

“Mari kita bayangkan saja, dari 192 bagaimana bisa tembus tanpa ada penyekatan masuk ke dalam rumahnya dan bisa bergaul di rumahnya dan di wilayah sekitar,” kata Yusri.

2. Pemeriksaan antigen untuk menekan klaster pemudik

Tambah! Pos Penyekatan Arus Balik Temukan 192 Pemudik Positif COVID-19Ilustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Polda Metro Jaya turut menjadikan arus balik mudik ini untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Termasuk, untuk mengantisipasi munculnya klaster pemudik yang sudah terjadi di beberapa wilayah.

“Contoh paling gampang saja, di daerah Jaktim di Ciracas dan Ciapyung. Ciracas itu sampai menyebar 10 orang di satu RT. Makanya kita lakukan mikro lockdown di sana. Dari mulanya tiga orang nyebar. Baru berapa hari saja sudah 10 untung cepat diketahui kita lakukan pemeriksaan dan swab antigen diketahui 10,” ujar Yusri.

“Kalau di Cipayung dari 25 warga yang mudik, kita lakukan swab antigen ada 16 yang positif dan sekarang semua kita isolasi mandiri,” sambungnya.

3. Polda Metro siapkan 14 pos penyekatan arus balik

Tambah! Pos Penyekatan Arus Balik Temukan 192 Pemudik Positif COVID-19Ilustrasi. Pengendara melintas di pos penyekatan larangan mudik yang tidak dijaga petugas di Cikokol, Tangerang, Banten, Jumat (7/5/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Polda Metro Jaya menyiapkan 14 titik pemeriksaan surat keterangan bebas COVID-19 yang juga menyediakan layanan tes usap (swab) antigen gratis. Pos tersebut didirikan setelah ada kebijakan pemudik yang kembali ke Jakarta wajib mempunyai surat keterangan bebas COVID-19.

Apabila pemudik tidak mempunyai surat keterangan bebas COVID-19, maka yang bersangkutan akan diarahkan petugas untuk melakukan tes usap antigen di pos-pos yang sudah disediakan.

Pemudik yang negatif COVID-19 diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota. Sedangkan, pemudik yang positif akan dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR.

Polda Metro Jaya memberlakukan operasi pemeriksaan pada arus balik hingga 24 Mei 2021.

Baca Juga: Anies: 148 Pemudik Terkonfirmasi Positif COVID-19

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya