Tampil dengan Baju Adat Madura, Mahfud MD: Ini Baju Khas Tukang Sate

Kata Mahfud, anak tukang sate juga merdeka untuk sukses!

Jakarta, IDN Times - Menko Polhukam Mahfud MD mengikuti upacara virtual perayaan Kemerdekaan 17 Agustus melalui video conference dari Kantor Kementerian Politik Hukum dan Keamanan bersama jajaran terbatas dan menerapkan protokol COVID-19.

Mahfud sendiri tampak menggunakan baju adat Madura, Sakera, sementara para staf militer menggunakan pakaian dinas upacara.

“Indonesia kan bersatu dalam keberagaman, beragam kedaerahan dan keagamaan. Yang bisa ditunjukkan secara fisik salah satunya dengan busana tradisional, alhamdulilah sekarang saya bisa ikut. Ya saya kan orang Madura, jadi dalam kesempatan baju tradisional ini, saya menggunakan baju khas Madura ini.” Ujar Menko.

Baju Sakera, menurutnya memiliki makna khusus. Baju tersebut terdiri dari baju hitam longgar atau Pesa’an dan celana hitam longgar atau Gomboran.

Menurutnya, warna hitam melambangkan sikap gagah dan pantang menyerah. Ini merupakan sifat kerja khas dari rakyat Madura. Sedangkan bajunya yang serba-longgar melambangkan kebebasan dan keterbukaan orang Madura. Selain itu, bentuk baju yang sederhana melambangkan kesederhanaan.

Kemudian kausnya yang unik dengan motif garis merah-putih, memperlihatkan sikap tegas dan semangat juang tinggi orang Madura dalam menghadapi segala hal.

“Ini baju khas tukang sate Madura ini, orang Madura semua bangga Indonesia merdeka. Sekarang semua anak, anak tukang sate, anak petani bawang, kini karena Indonesia merdeka bisa jadi jenderal, bisa jadi dokter, profesor, bisa jadi apa saja. Karena itu kita harus terus mensyukuri nikmat kemerdekaan,” tutur Mahfud tentang kemerdekaan Indonesia.

Mahfud MD juga menggunakan ikat kepala kain atau Odheng. Ujung simpul berbentuk huruf alif, penanda keesaan tuhan, menunjukkan ketaatan masyarakat Madura sebagai pemeluk Islam.

Baca Juga: Merah Menyala! Puan Maharani Tampil Anggun dengan Baju Adat Jambi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya