Tandingi Unicorn, Sandiaga Uno Janji akan Bentuk Unikop

Sandiaga kembali umbar janji pro kepada UMKM

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan akan membentuk Unikop (satuan unit koperasi), sebuah koperasi dengan skala besar, seperti unicorn. Menurutnya, jika koperasi dikelola dengan baik dan profesional, itu akan menjadi kekuatan dahsyat untuk menggerakkan ekonomi Indonesia.

“Ini guna mewujudkan cita-cita Bung Hatta dalam mewujudkan koperasi sebagai guru ekonomi Indonesia,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya saat berdialog dengan Koperasi Srinadi Klungkung di Bali, Sabtu (23/2) ini.

1. Sandiaga akan dirikan Unikop dengan nilai lebih dari Rp1 triliun

Tandingi Unicorn, Sandiaga Uno Janji akan Bentuk UnikopIDN Times/ istimewa

Nantinya, jika mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu terpilih menjadi wakil presiden, ia akan membentuk Unikop yang di dalamnya ada koperasi dan UMKM yang akan memiliki nilai lebih dari Rp1 triliun.

"Unikop akan kita bentuk seperti unicorn. Tahu kan apa unicorn?" tanya Sandiaga.

Start up, usaha rintisan dengan nilai lebih dari satu triliun yang biasanya terkait dengan teknologi dan dunia maya. Kita akan jadikan Unikop, satuan unit koperasi dengan berbagai bentuk usaha dengan nilai lebih dari satu triliun rupiah," terang Sandiaga.

Baca Juga: Soal Unicorn Dianggap Menjebak, Kubu Jokowi: Itu Terkait Infrastruktur

2. Sandiaga mencontohkan bentuk Unikop seperti Koperasi Srinadi di Bali

Tandingi Unicorn, Sandiaga Uno Janji akan Bentuk UnikopIDN Times/ istimewa

Mencontohkan bentuk Unikop nantinya, Sandiaga sebut Koperasi Srinadi merupakan koperasi yang mengarah ke Unikop yang ia maksud. Koperasi Srinadi Klungkung merupakan koperasi terbesar dan terbaik di Bali yang beroperasi sejak tanggal 14 Januari 1985.

Saat ini, Koperasi Srinadi menjadi tempat bernaungnya ribuan pedagang kurang lebih 12.600 anggota serta didukung dengan karyawan yang saat ini berjumlah kurang lebih 307 orang dengan aset lebih dari 200 miliar rupiah di bawah pendiri dan penasehat koperasi, Srinadi Nyoman Suwirta.

Koperasi Srinadi memiliki sembilan unit usaha antara lain, simpan-pinjam, grosir, swalayan, percetakan dan konveksi, swalayan bangunan, supermarket inti, wisata tirta (waterboom), bengkel (One Stop Service), dan radio (Srinadi FM).

3. Sandiaga berjanji akan mendirikan Unikop

Tandingi Unicorn, Sandiaga Uno Janji akan Bentuk UnikopIDN Times/istimewa

Melihat prospek Unikop ke depan untuk menumbuhkan perekonomian, Sandiaga pun berjanji akan membentuk Unikop untuk menyerap tenaga kerja dan membuka lapangan pekerjaan.

"Sudah banyak koperasi di Indonesia dengan aset ratusan miliar hingga triliunan rupiah. Insyaallah, di bawah kepemimpinan Prabowo-Sandi, jika kami terpilih melayani masyarakat Indonesia, akan kita bentuk Unikop-Unikop baru, usaha rintisan koperasi dengan nilai lebih dari satu triliun rupiah. Ini akan menyerap dan menciptakan tenaga kerja," terangnya.

4. Sandiaga juga akan luncurkan program pro kepada UMKM

Tandingi Unicorn, Sandiaga Uno Janji akan Bentuk UnikopIDN Times/istimewa

Lebih lanjut, di tempat lainnya ketika Sandiaga mengunjungi pengrajin kayu di Desa Sumita, ia juga menjanjikan program One Kecamatan/Kota/Kabupaten for One Center Entrepreneurship. Sandiaga menjelaskan program ini ditunjukkan untuk memperlihatkan komitmen Prabowo-Sandi ke usaha-usaha kecil masyrakat.

“Kebetulan di sini akan kami bentuk untuk membantu pendampingan, pemasaran, hingga permodalan. Sehingga seni ukir ini bisa lebih menjadi produk global dengan membawa kearifan lokal yang kita sebut dengan Glokal," jelas Sandi.

Baca Juga: Setelah 4 Unicorn, Indonesia akan Punya 2 Unicorn Baru

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya