Comscore Tracker

Tanggapi Hashim soal Larangan Ekspor Lobster, Susi: Keliru Apanya Bo?

Susi Pudjiastuti klaim tak ada masyarakat yang dirugikan

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menanggapi pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo, yang menyebut kebijakan soal lobster pada era Susi keliru.

“Susi keliru apanya? Orang Susi lagi di pantai kog, lagi paddling. Keliru apanya bo,” kata Susi lewat videonya sambil bermain dayung yang diunggahnya lewat Twitter pribadinya @susipudjiastuti, Sabtu (5/12/2020).

Baca Juga: Dianggap Seperti Bajak Laut, Hashim Buka Suara soal Bisnis Lobster

1. Susi klaim tak ada masyarakat yang dirugikan dengan kebijakannya

Tanggapi Hashim soal Larangan Ekspor Lobster, Susi: Keliru Apanya Bo?ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Menurut Susi, selama ia menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan telah mempersilakan masyarakat melayangkan tuntutan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), apabila ada kebijakannya yang menyengsarakan rakyat.

“Saya karena dulu pejabat negara, punya pengacara yaitu bapak Jaksa Agung, tapi tidak ada yang PTUN-kan. Oh ada satu orang yang menuntut saya Rp1 triliun oleh satu perusahaan. Tapi oleh pengacara menteri, bapak Jaksa Agung gak berhasil,” kata dia.

2. Susi sindir kebijakan Edhy Prabowo yang seharusnya tidak keliru

Tanggapi Hashim soal Larangan Ekspor Lobster, Susi: Keliru Apanya Bo?Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Saat ini, Susi sebut dirinya hanya warga biasa yang tidak menjabat lagi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Dengan begitu, kebijakan yang baru pada era Edhy Prabowo seharusnya bisa lebih baik.

“Nah sekarang, saya Susi Pudjiastuti sedang padeling di tengah laut apa urusannya yang keliru? Coba apa? Kan sudah diganti semua yang keliru? Mestinya kan benar, masa udah diganti keliru lagi? Keliru diganti ya jadi benar,” kata dia.

3. Hashim sebut kebijakan Susi keliru

Tanggapi Hashim soal Larangan Ekspor Lobster, Susi: Keliru Apanya Bo?Hashim Djojohadikusumo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, adik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo menegaskan kembali penilaiannya bahwa kebijakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti keliru, karena melarang budidaya lobster.

"Maaf ya, menurut saya menteri lama (Susi Pudjiastuti) sangat-sangat keliru. Masa kami dilarang ekspor, dilarang budidaya lobster? Menurut saya, dan juga banyak orang merasa Indonesia berpotensi menjadi adikuasa produk-produk kelautan. Kita harusnya yang besar, bukan Vietnam. Maka kebijakan menteri lama sangat keliru. Susi keliru menurut saya," kata Hashim dilansir ANTARA, Rabu, 4 Desember 2020.

4. Hashim sebut kebijakan Susi menyengsarakan nelayan

Tanggapi Hashim soal Larangan Ekspor Lobster, Susi: Keliru Apanya Bo?ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Hashim juga menyebutkan kebijakan melarang budidaya lobster itu telah membuat banyak usaha budidaya lobster milik nelayan di Indonesia ditutup.

"Usaha budidaya lobster nelayan miskin ini ditutup. Di Jawa Barat, Jawa Timur, di mana-mana, di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat," kata pengusaha di bidang kelautan itu.

https://www.youtube.com/embed/X-e3oJmF-74

Baca Juga: Hashim Djojohadikusumo Klarifikasi Ekspor Benur, Sebut Nama Susi

Topic:

  • Rochmanudin
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya