Tanggapi Skandal Bansos, Gibran: Tangkap Saja Kalau Ada Buktinya!

Gibran tegaskan tidak merekomendasikan PT Sritex

Jakarta, IDN Times - Nama putra sulung Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Gibran Rakabuming Raka, disebut-sebut terlibat dalam skandal korupsi bantuan sosial (bansos). Dalam laporan investigasi Majalah Tempo, Gibran disebut merekomendasikan PT Sritex untuk pengadaan kantong sembako bansos.

Menanggapi hal itu, dengan nada tinggi Gibran menyatakan siap ditangkap jika terbukti melakukan korupsi.

“Ya tangkap saja kalau salah, tangkap saja kalau ada buktinya. Ini saya tegaskan, saya tidak pernah ikut-ikut, gak pernah ikut merekomendasikan, memerintah, atau apapun itu,” kata Gibran usai blusukan di Kampung Banyuagung, Solo, Jawa Tengah, Senin (21/12/20).

1. Gibran bantah merekomendasikan

Tanggapi Skandal Bansos, Gibran: Tangkap Saja Kalau Ada Buktinya!Gibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Gibran membantah merekomendasikan PT Sritex dalam pengadaan kantong sembako bansos. Ia pun menyinggung korupsi yang lebih besar.

“Kalau mau proyek, ya proyek yang lebih gede. PLN, Pertamina, jalan tol, itu nilainya triliunan. Saya gak pernah begitu, saya gak ikut-ikut campur soal bansos. Bisa di-cross check ke Sritex,” kata Gibran.

Pemenang Pilwakot Solo itu menegaskan dirinya tidak ada kaitannya dengan dugaan korupsi dana bansos yang diberitakan oleh media. Ia bahkan kaget namanya disebut-sebut dalam pemberitaan tersebut.

"Saya itu tidak pernah merekomendasikan atau ikut campur urusan bansos itu, itu berita tidak benar," ujarnya.

Baca Juga: PT Sritex Bantah Direkomendasikan oleh Gibran dalam Proyek Bansos

2. Gibran bantah dana kampanyenya dari hasil korupsi

Tanggapi Skandal Bansos, Gibran: Tangkap Saja Kalau Ada Buktinya!Gibran Rakabuming Raka (IDN Times/Larasati Reyma)

Gibran juga menegaskan, kabar dana kampanyenya di Pilkada Solo berasal dari dugaan korupsi bansos, tidak benar. Ia bahkan meminta masyarakat untuk mengecek kebenarannya di laman KPU karena semua data terkait dana kampanye terbuka dan transparan.

"Sumber dana kampanye bisa dicek, LHKPN, dana kampanye semua bisa dicek online. Semua tidak ditutupi," kata dia.

3. Gibran merasa dirugikan

Tanggapi Skandal Bansos, Gibran: Tangkap Saja Kalau Ada Buktinya!Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Gibran mengaku kecewa adanya berita yang mencatut namanya terkait dalam dugaan korupsi dana bansos. Kader PDI Perjuangan itu meminta pihak terkait untuk membuktikan kebenaran berita tersebut.

Ditanya soal rencana membawa masalah ini ke ranah hukum, Gibran masih memikirnya. Ia mengaku tidak akan meminta tolong Jokowi terkait berita yang mencatut namanya tersebut.

"Lihat nanti, tapi saya merasa sangat dirugikan, enak aja menulis berita-berita begitu, gak ada buktinya, sumber tidak jelas, berita tidak benar itu," ucap Gibran.

Baca Juga: Bantah Terlibat Skandal Bansos, Gibran: Kalau Mau Korupsi Jalan Tol

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya