Tekan Angka Kasus COVID-19, Kapolda Metro Jaya Sidak Pasar Senen

Kapolda Metro bagikan 100 ribu masker dan swab gratis

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melakukan sidak penegakan protokol kesehatan di wilayah Pancoran, Jakarta Selatan dan Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (1/2/2021).

Sidak Kapolda dalam rangka menekan angka kasus COVID-19 di wilayah DKI Jakarta. Sidak dilakukan di tempat yang memiliki jumlah konfirmasi virus corona tertinggi dibanding wilayah lain. Dalam kesempatan sidak itu, Kapolda menekankan tiga programnya.

"Ada tiga aspek yang saya lihat, bagaimana penanganan Kampung Tangguh, pelaksanaan swab antigen gratis bagi masyarakat yang kurang mampu dan gerakan Jakarta bermasker itu dilaksanakan oleh Polsek jajaran serentak," kata Irjen Fadil di Polsek Pancoran, Jakarta Selatan.

1. Kapolda sampaikan tiga program Polri menekan angka COVID-19

Tekan Angka Kasus COVID-19, Kapolda Metro Jaya Sidak Pasar SenenKapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Fadil lantas membeberkan tiga program yang bertujuan untuk menekan angka virus corona tersebut. Pertama, berkaitan dengan program Kampung Tangguh, Polda Metro Jaya akan memberikan intervensi khusus agar program itu berjalan lancar.

Program selanjutnya yaitu Jakarta Bermasker. Dia menyebut pihaknya bersama Kodam Jaya akan membagikan minimal 100 ribu masker secara cuma-cuma alias gratis.

"Jakarta Bermasker bersama TNI-Polri, target per hari minimal kita bagikan 100 ribu masker melalui seluruh Polsek," ungkap Fadil.

Baca Juga: Polda Metro: Raffi Ahmad Tidak Terbukti Melanggar Protokol Kesehatan

2. Program Jakarta Bermasker perintah Kapolri

Tekan Angka Kasus COVID-19, Kapolda Metro Jaya Sidak Pasar SenenKabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Fadil menyebut program Jakarta Bermasker merupakan arahan dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Tujuannya agar masyarakat lebih tertib menggunakan masker.

"Mudah-mudahan upaya ini sudah sesuai arahan Bapak Kapolri, kemarin sudah dilaksanakan bersama Bapak Panglima TNI untuk serentak kita laksanakan bersama-sama," kata Fadil.

3. Polda gelar swab antigen gratis

Tekan Angka Kasus COVID-19, Kapolda Metro Jaya Sidak Pasar SenenIlustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Program terakhir adalah pengecekan virus corona secara cuma-cuma. Rapid test atau swab antigen gratis ini bakal digelar di seluruh polsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Pengecekan virus corona gratis ini akan berlangsung pada Senin dan Kamis, pukul 09.00-12.00 WIB di seluruh polsek di jajaran Polda Metro Jaya dengan kuota per hari 100 orang. Fasilitas ini ditujukan untuk masyarakat yang kurang mampu.

Baca Juga: Kapolri Listyo Temui Panglima TNI, Bahas Kerja Sama Keamanan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya