Tentukan Jumlah Anggota dan Pimpinan AKD, DPR RI Gelar Rapat Paripurna

Nomenklatur kabinet menteri akan menyesuaikan AKD

Jakarta, IDN Times - DPR RI akan menggelar rapat paripurna untuk menetapkan jumlah dan komposisi anggota dari masing-masing fraksi dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD), termasuk penetapan jumlah pimpinan AKD.

Rapat paripurna akan digelar di ruang rapat paripurna di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10) pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: [FOTO] 12 Gaya Calon Menteri saat Diundang Presiden Jokowi ke Istana

1. DPR RI akan menyampaikan bidang tugas pimpinan DPR RI

Tentukan Jumlah Anggota dan Pimpinan AKD, DPR RI Gelar Rapat ParipurnaIDN Times/Irfan Fathurohman

Agenda rapat paripurna DPR tersebut adalah penyampaian bidang tugas pimpinan DPR RI dan penetapan jumlah komisi-komisi di DPR RI. Selain itu, penetapan jumlah dan komposisi anggota dari masing-masing fraksi dalam AKD, serta penetapan jumlah pimpinan AKD.

Awalnya, rapat paripurna tersebut diagendakan berlangsung pukul 10.00 WIB, namun diundur menjadi pukul 14.00 WIB.

2. Nomenklatur kementerian akan menyesuaikan AKD

Tentukan Jumlah Anggota dan Pimpinan AKD, DPR RI Gelar Rapat ParipurnaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, nantinya perubahan nomenklatur kabinet baru, harus disesuaikan dengan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang sudah dibentuk DPR pada pekan lalu.

"Komisi yang ada di DPR saat ini ada 11, kalau pun ada perubahan nomenklatur kementerian, itu harus disesuaikan dengan komisi-komisi yang ada," kata Puan di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (21/10).

Puan mengatakan dalam pertemuan antara pimpinan DPR dengan presiden di Istana kemarin, disampaikan akan dilakukan perubahan nomenklatur kementerian.

3. Penambahan nomenklatur kementerian akan menjadi mitra kerja komisi

Tentukan Jumlah Anggota dan Pimpinan AKD, DPR RI Gelar Rapat ParipurnaIDN Times/Irfan Fathurohman

Menurut Puan, jika memang ada perubahan nomenklatur kementerian atau lembaga, akan menjadi tambahan mitra kerja komisi yang ditetapkan dalam rapat paripurna hari ini.

"Kalau memang pun ada perubahan nomenklatur kementerian itu ada, akan menjadi tambahan dalam rapat paripurna, yaitu akan menjadi tambahan," ujar dia.

4. Presiden Jokowi mengundang pimpinan DPR ke Istana

Tentukan Jumlah Anggota dan Pimpinan AKD, DPR RI Gelar Rapat ParipurnaIstimewa

Selain deretan calon menteri Kabinet Kerja jilid II, Presiden Jokowi juga mengundang pimpinan DPR di Istana, Senin (21/10). Namun, dari lima pimpinan DPR, hanya Muhaimin Iskandar yang tidak hadir. Mereka yang hadir adalah Puan Maharani, Aziz Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, dan Rachmat Gobel.

Kedatangan pimpinan DPR adalah membahas nomenklatur. Puan menyebutkan, ada empat nomenklatur baru dari kementerian atau lembaga yang ada. Namun, tidak ada kementerian yang dibubarkan, tapi digabungkan.

Baca Juga: DPR Dukung Nomenklatur Baru, Puan: Ada 4 Perubahan Kementerian

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya